Gelar Muswil, HIPKA KAHMI Diharapkan Bersinergi Memajukan Ekonomi Jawa Timur

2024

KANIGARAN - Badan Pengurus Wilayah (BPW) Himpunan Pengusaha Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HIPKA KAHMI) Jawa Timur siang tadi (03/08) menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-2 yang diselenggarakan di Puri Manggala Bhakti Kantor Pemkot Probolinggo.

HIPKA KAHMI merupakan sebuah organisasi yang anggotanya berasal dari jaringan alumni Himpunan Mahasiswa Islam yang berprofesi sebagai usaha. Kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Pj. Wali Kota Nurkholis, Wagub Jatim Periode 2019-2024 Emil Elistianto Dardak, Ketua Umum BPW HIPKA dr.Agung Mulyono dan segenap jajaran Pengurus HIPKA dari masing-masing wilayah di Jatim.

Dalam sambutannya Pj. Wali Kota Nurkholis berterimakasih atas dipilihnya Kota Probolinggo sebagai lokasi penyelenggara Muswil HIPKA ke-2. "Dengan dipilihnya Kota Probolinggo dalam penyelenggaraan Muswil Ke-2 HIPKA KAHMI Jatim saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Tentunya selain membangun jejaring bersama, harapannya kedepan akan banyak potensi ekonomi yang bisa diangkat," terangnya.

Nurkholis juga memaparkan hasil kinerja Pemkot Probolinggo selama kurang lebih 6 bulan berjalan, yang telah menorehkan banyak prestasi. Meskipun saat ini Pemkot Probolinggo baru saja menyelesaikan permasalahan terkait ODF (Open Defection Free) dan saat ini tengah fokus pula dalam penanganan kasus stunting.

"Mohon ijin sedikit menyampaikan kinerja Pemkot Probolinggo selama setengah tahun ini sudah lumayan banyak penorehan prestasi yang diraih. Meskipun demikian kami juga baru saja menuntaskan kasus ODF yang terjadi, kami juga banyak mengagendakan kegiatan penghijauan dengan penanaman mangrove dan fokus kami saat ini penanganan terhadap kasus stunting. Kami yakin dan bertekad, insya allah setiap permasalahan yang ada akan sebisa mungkin untuk mendapatkan titik terang maupun solusinya, mohon ijin untuk tetap terus memberikan support terhadap Kota Probolinggo ini pak," jelasnya.

Sementara itu, Wagub Jatim Periode 2019-2024 Emil Dardak dalam sambutannya, mengapresiasi atas terselenggaranya Muswil Ke-2 HIPKA KAHMI Jatim ini. Kegiatan ini hendaknya bukan menjadi persaingan pemilihan pengurus, namun sebagai kunci kohesivitas atau solidaritas yang kompak dalam berkolaborasi untuk merumuskan program-program kerja yang strategis terlebih dalam sektor ekonomi di wilayah Jatim.

"Organisasi itu kuncinya kohesivitas. Seberapa kompak dan solidnya mereka, jika keduanya bisa berjalan dengan kompak maka akan menciptakan kemampuan dalam mencetak kapasitas yang unggul. Dengan soliditas ini nantinya akan menciptakan kolaborasi, jejaring dan intelektualitas yang matang. Harapannya dengan kohesivitasnya tadi dapat menciptakan organisasi yang profesional," ungkapnya.

Senada dengan itu, selaku Ketua BPW HIPKA KAHMI Jatim, dr. Agung Mulyono mengatakan, muswil ini digelar untuk memproyeksikan kebijakan strategis organisasi yang bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan semua elemen untuk membantu kepada masyarakat.

"Dengan komitmen kami dalam menjalankan Visi-Misi HIPKA KAHMI untuk senantiasa terus memproyeksikan kebijakan dan program-program yang strategis kedepannya yang sesuai dan selaras dengan topik tema kami yakni Kolaborasi dan Sinergi Pengusaha untuk Memperkokoh Perekonomian Jawa Timur," terangnya.

Kegiatan Muswil ke-2 HIPKA KAHMI Jatim  ini dirangkai secara santai  namun fokus. Karena nantinya para peserta akan menerima materi rangkaian Talkshow dari beberapa narasumber yang dapat memotivasi untuk kemajuan HIPKA KAHMI pada umumnya.

Fadjar Satrio selaku Ketua Pelaksana dalam laporannya, menjelaskan selama jalannya acara peserta akan mendengarkan berbagai topik dari para narasumber  yang diundang, diantaranya Otoritas Jasa Keuangan, PT. Bursa Efek Indonesia, Bulog Jawa Timur, Jatim Grha Utama (JGU) Jawa Timur, dan Bea Cukai.

"Giat ini kami rancang secara santai namun fokus, diharapkan untuk meningkatkan keterampilan praktis dan wawasan baru serta dapat menginspirasi pengalaman-pengalaman dari para narasumber. Harapannya para peserta dapat berpartisipasi aktif dan berdiskusi, memanfaatkan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya" pungkasnya. (dev/pin)

BAGIKAN