Hari Pramuka ke-63, Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Probolinggo Gelar Apel Besar

2024

KANIGARAN - Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Probolinggo gelar Apel Besar dalam rangka Hari Pramuka Ke-63 Tahun 2024, Rabu (14/8) pagi di halaman Kantor Wali Kota Probolinggo. Hadir sebagai pembina apel adalah Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Nurkholis yang juga sekaligus sebagai Penjabat Wali Kota Probolinggo. Tema peringatan tahun ini adalah Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI.

Apel diawali dengan pertunjukan atraksi sandi semafor, sandi morse dance serta pionering jembatan oleh anggota pramuka penegak dan penggalang Gerakan Pramuka Kota Probolinggo. Bendera semafor berwarna merah kuning dan bendera morse berwarna putih dengan garis hitam dimainkan dengan atraktif mengikuti iringan aransemen lagu nasional dan lagu daerah. Juga ada yel-yel dengan lirik bernuansa khas Kota Probolinggo ditampilkan bersama kesenian daerah Jaran Bodhag. Atraksi diakhiri dengan percobaan hasil unjuk keterampilan pembuatan jembatan bambu kreasi anggota Brigade Penolong kwarcab setempat oleh Ketua Mabicab Nurkholis bersama perwakilan jajaran forkopimda.

Membacakan amanat Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso, Ketua Mabicab Nurkholis mengatakan bahwa Gerakan Pramuka sangatlah tepat untuk menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi saat ini, khususnya bagi generasi muda Indonesia. “Dalam menghadapi persoalan tersebut, Gerakan Pramuka sangatlah tepat untuk mengkanalisasi situasi saat ini. Gerakan Pramuka memberikan pendidikan life skill, soft skill, hard skill serta dilengkapi dengan kecerdasan SESOSIF yakni spiritual, emosional, sosial, intelektual dan fisik,” terang Nurkholis di depan ratusan peserta apel.  

Melalui pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, Nurkholis yakin Gerakan Pramuka mampu membentuk generasi penerus yang berkarakter unggul dan memiliki daya saing. “Kegiatan dan upaya yang telah kita lakukan tersebut adalah bagian dari kontribusi Gerakan Pramuka dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045 untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan memiliki daya saing,” jelas Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kota Probolinggo yang dilantik bulan Mei lalu itu.

Pada momen apel besar tersebut juga diberikan penghargaan kepada beberapa pengurus dan anggota Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Probolinggo. Yakni Lencana Pramuka Pancawarsa V, IV, III, dan I. Berikutnya juga diberikan Lencana Pramuka Siaga Garuda, Penggalang Garuda dan Penegak Garuda kepada anggota pramuka yang aktif di gugus depan setiap jenjangnya.

Salah seorang penerima penghargaan Satya Lencana Penegak Garuda dari SMA Negeri 3 Kota Probolinggo Saiful Ulum berharap Gerakan Pramuka Kota Probolinggo kedepannya lebih maju dan semakin berkembang. “Semoga Pramuka di Kota Probolinggo lebih maju, lebih banyak juga anak-anak muda yang ikut serta dalam membangkitkan dan memajukan Pramuka ini,” terang Ulum yang telah aktif di Pramuka sejak sekolah dasar itu.

Apel Besar Hari Pramuka ditutup dengan menyanyikan bersama lagu Satya Dharma Pramuka dan Mars Jayalah Pramuka. (dp/uby)

BAGIKAN