Idul Adha 1445 H, Pemkot Serahkan 13 Sapi, 44 Kambing

2024

PROBOLINGGO – Bagi Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis, Idul Adha merupakan momentum belajar berbagi dan ikhlas dengan semua hal yang terjadi, seperti kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Menurutnya, momen berbagi ini merupakan upaya untuk mendekatkan diri dengan sesama dan juga dengan Allah SWT.

Tahun ini, Pemkot Probolinggo menyerahkan hewan kurban berupa 13 ekor sapi, sebagian diserahkan simbolis pagi ini usai salat Idul Adha, Senin (17/6). Sejumlah hewan kurban diserahkan secara simbolis kepada 10 penerima, diantaranya PD Muhammadiyah, PCNU, Muslimat NU, Yon Zipur X, Masjid Al-Ishlah, Masjid Al- Khoirot, Masjid Nurul Yaqin, Masjid Baitul Muttaqin, Masjid Jami’ Ar -Roudlah. Penyerahan dilakukan di halaman Masjid Agung.

Sedangkan sisanya diserahkan langsung ke Ponpes Riyadhus Sholihin Ketapang dan Kodim 0820 Probolinggo. Untuk kambing sejumlah 44 ekor diserahkan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Jagalan, Kelurahan Mangunharjo (14/6) lalu.

Diketahui, sapi yang terkumpul berasal dari Pj Wali Kota Nurkholis sejumlah 7 ekor, kemudian 6 ekor sapi dari para donatur lainnya. Diantaranya, Sekda Kota Ninik Ira Wibawati, Kepala Perangkat daerah se-kota, Bank Jatim, Perumdam Bayuangga, dan ASN.

Berdasarkan penuturan Nurkholis, hewan kurban itu dibagikan ke masyarakat, ponpes, yayasan yatim piatu, dan lembaga lainnya. “Yang berbeda, tahun ini kita juga memberikan hewan kurban sapi melalui Dinkes. Kemudian disalurkan khusus untuk anak stunting di Kota Probolinggo,” ujarnya.

Ia juga mengimbau agar panitia penyembelihan hewan kurban mendukung program pengurangan sampah plastik. Ini dilakukan untuk mendukung program lingkungan hidup berkelanjutan.

“Sudah ada surat edaran agar menggunakan wadah dari dari daun pisang/daun jati. Bisa juga pakai wadah seperti besek/anyaman bambu atau warga membawa wadah sendiri. Jika terlanjur pakai plastik, ya dikumpulkan sampah plastiknya tidak dibuang sembarangan,” pintanya.

Usai penyerahan di Masjid Agung Raudlatul Jannah, ia menuju Ponpes Riyadhus Sholihin di Ketapang, Kademangan. Kehadirannya disambut oleh Habib Hadi Zainal Abidin dan Kepala Ponpes Hafid.

Menurut Hafid, di Ponpes Riyadlus Sholihin ada sekitar 4.000 santri. Jumlah hewan kurban ada 6 ekor sapi, dan 4 ekor kambing yang akan disembelih sendiri hingga hari keempat.

“Alhamdulillah, terima kasih atas perhatian pemkot dengan memberikan 1 ekor sapi. Selain menambah gizi juga menambah keakraban para santri, karena dimanfaatkan dan dimasak bersama-sama,” ujarnya.

Terakhir menuju Kodim 0820 Probolinggo, di sini Nurkholis menyerahkan 1 ekor sapi yang disambut oleh Dandim 0820 Letkol Arm Heri Budiasto. Ada 2 ekor sapi dan 9 ekor kambing yang disembelih, di halaman belakang Kodim 0820.

“Terima kasih atas perhatian pak Pj Wali Kota yang sudah memberikan seekor sapi untuk diserahkan kepada 1.200 penerima. Dengan sasaran anggota yang sakit sejumlah 36 orang, warga sekitar dan anggota kodim yang tersebar di beberapa wilayah,” ungkapnya. (yul/pin)

 

 

BAGIKAN