Ikuti Expo Dekranas di Solo, Pengusaha Asing Terkesan dengan Karya Bordir Kota Probolinggo

2024

Solo - Penjabat Ketua Dekranasda Kota Probolinggo Dewi Maharani Nurkholis hadiri puncak acara Peringatan HUT ke-44 Dekranas di Solo, Jawa Tengah. Acara tersebut dirangkai dengan Expo Dekranas 2024 di Lapangan Mangkunegaran, mulai Rabu hingga Sabtu (15-18/5).

Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ketum Dekranas Wurry Ma’ruf Amin berkesempatan mengunjungi stan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Timur. Dalam kunjungannya, istri Presiden Jokowi ini tampak antusias melihat berbagai produk kerajinan yang dipamerkan.

Di stan tersebut, Iriana membeli sejumlah barang, diantaranya hiasan dinding bordir, cover bantal bordir, dan kain batik tenun. Pilihannya mencerminkan kecintaannya terhadap kerajinan tradisional, untuk mendukung dan mempromosikan produk lokal.

Sementara itu, Pj Ketua Dekranasda Provinsi Jatim Isye Adhy Karyono sangat senang dengan hadirnya Ibu Negara Iriana Jokowi dan  Ketum Dekranas Wurry Ma’ruf Amin di stan Dekranasda Jatim. "Kunjungan mereka ke stand kami merupakan sebuah kehormatan, menjadi dorongan semangat bagi para perajin. Ini menunjukkan bahwa hasil karya mereka mendapat perhatian dan apresiasi dari pemimpin negara," katanya.

Kunjungan tersebut diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan kerajinan di Jawa Timur. Termasuk mendorong peningkatan ekonomi kreatif di Indonesia. Dukungan secara kontinyu dari para pemimpin negara sangat berarti bagi para perajin dan pengusaha kecil. Dengan begitu mereka akan terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produknya.

Kota Probolinggo sendiri menampilkan produk bordir, home dekor dari UKM Riza Bordir dan baju bordir dari Kurnia Bordir. Pj Dekranasda Dewi Maharani yang juga hadir sangat antusias untuk mempromosikan produk unggulan Kota Probolinggo tersebut.

“Ini merupakan momen untuk menembus pangsa nasional dan internasional, apalagi produk yang dibawa juga kualitasnya bagus dan memiliki daya saing. Ini terbukti dengan minat pengusaha Tiongkok untuk menjalin kerja sama dengan Kota Probolinggo,” ujar istri Pj Wali Kota Nurkholis ini di sela-sela kegiatan kunjungan tersebut.

Pengusaha dimaksud adalah Yan Zizhong, seorang pengusaha yang terkenal sebagai pelopor industri dekorasi rumah dan bordir di Tiongkok. Ia menyatakan kekagumannya terhadap kerajinan yang dipamerkan oleh Kota Probolinggo. Menurutnya, daerah ini terkenal dengan seni bordirnya yang halus dan indah, serta dekorasi rumah yang kreatif dan elegan.

“Saya sangat terkesan dengan kehalusan dan keindahan karya seni dekorasi rumah dan bordir dari Kota Probolinggo. Karena memiliki karakteristik unik dan kualitas tinggi. Saya sangat ingin belajar lebih dalam tentang teknik dan desain yang digunakan para pengrajin di sini,” ujarnya.

Pameran Dekranas Tahun 2024 ini dihadiri oleh ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Kota Probolinggo sendiri mampu meraup omset sekitar Rp. Rp 54 juta. Saat berkeliling mengunjungi stan expo, Pj Dekranasda Kota Probolinggo Dewi Maharani mendampingi Pj Dekranasda Provinsi Jatim Isye Adhy Karyono. Hadir pula Sekda Kota Ninik Ira Wibawati dan Kepala DKUMP Fitriawati.

Event itu bukan hanya menjadi ajang pameran produk, tetapi juga sebagai sarana pertukaran pengetahuan dan budaya. Diantaranya workshop, seminar, dan pertunjukan seni yang melibatkan berbagai komunitas dan seniman seluruh Indonesia. (yul/pin)

BAGIKAN