Jadi Inovasi Perubahan, Rumah Selpi dan Sinergi Digital Satu Data Kemiskinan Kota Probolinggo Resmi Diluncurkan

2024

Kanigaran - Pj. Wali Kota Probolinggo Nurkholis resmi meluncurkan Rumah Selpi (Rumah Akselerasi Kinerja Pelayanan Publik) dan Sinergi Digital Satu Data Kemiskinan Kota Probolinggo. Acara peluncuran ini juga dirangkai dengan Bimtek Verifikasi Data Bagi Verifikator Satu Data Kota Probolinggo.

Digelar di Command Center, Kantor Wali Kota Probolinggo, Senin (23/9), giat ini dihadiri Sekretaris Daerah Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati, Asisten Administrasi Umum Sekdakot Probolinggo Retno Fadjar Winarti, Kepala Diskominfo Aman Suryaman, kepala perangkat daerah, hingga camat se-Kota Probolinggo.

Dalam arahannya Pj. Nurkholis menyambut baik dua inovasi perubahan terkait digitalisasi data kemiskinan dan pelayanan publik di Kota Probolinggo. Ia pun berharap perubahan ini bisa direalisasikan dengan baik.

"Jadi dua - duanya kalau direalisasikan sangat bermanfaat untuk Kota Probolinggo. Agar bisa dimanfaatkan, petugasnya diberi bimbingan teknis sehingga ke depannya terkait data dan pelayanan publik di Kota Probolinggo semakin baik," ujarnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Probolinggo Retno Fadjar Winarti selaku Inisiator Rumah Selpi menjelaskan inovasi Rumah Selpi ini telah ditetapkan melalui SK Wali Kota pertengahan September lalu. Inovasi ini menjadi satu platform digital yang mengintegrasikan semua stakeholder, dengan Fitur: dashboard kinerja, informasi layanan, Forum diskusi, berbagi dokumen dan evaluasi

“Langkah ini diharapkan dapat mempercepat atau mengakselerasi capaian kinerja pelayanan publik yang dilaksanakan melalui kolaborasi dan integrasi berbagai sektor atau stakeholder,” ujar Retno.

Selain meluncurkan dua inovasi tersebut, digelar pula Bimtek Verifikasi Data bagi Verifikator Satu Data Kota Probolinggo. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo Aman Suryaman berharap melalui kegiatan bimtek ini bisa menambah akurasi data dari Portal Satu Data yang sudah dibangun.

"Harapannya setelah bimtek ini verifikator dari masing - masing perangkat daerah bisa melakukan verifikasi data dengan baik yang nantinya data dipublikasikan di Portal Satu Data Kota Probolinggo," harapnya.

Kegiatan bimtek diikuti oleh Verifikator Pengelola Portal Satu Data Kota Probolinggo yang berasal dari masing-masing perangkat daerah dan PUDAM Bayuangga Kota Probolinggo, menghadirkan narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Probolinggo. (crl/pin)

BAGIKAN