Jelang Pilkada 2024, Polres Probolinggo Kota Gelar Simulasi Pengamanan Kota

2024

KANIGARAN – Polres Probolinggo Kota menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Dalam Kota (Sispamkota) dalam rangka Operasi Mantap Praja Semeru 2024 sebagai persiapan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) Kepala Daerah pada 27 November mendatang. Simulasi tersebut dilaksanakan di depan Kantor Wali Kota Probolinggo, Jumat  sore (2/8).

Giat tersebut juga disaksikan langsung oleh Kapolres Probolinggo Kota AKBP Oki Ahadian Purwono, Penjabat (Pj) Wali Kota Probolinggo Nurkholis, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto, perwakilan Kejari Kota Probolinggo, dan Ketua Bawaslu Kota Probolinggo.

Nurkholis mengatakan bahwa pengamanan dalam pemilukada nanti sangat penting dan perlu adanya koordinasi antara Pemkot, TNI, dan Polri. “Simulasi ini mengukur seberapa siap sinergisitas antara Pemerintah, TNI-Polri dalam mengendalikan pengamanan pemilukada nanti. Meskipun berada di kawasan Kurang Rawan, Kota Probolinggo tetap harus waspada akan terjadinya konflik,” jelas Nurkholis ditemui di sela-sela acara.

Senada dengan Nurkholis, AKBP Oki menambahkan bahwa simulasi Sispamkota ini juga untuk melatih para personel Polres Probolinggo Kota dalam menjaga keamanan pemilukada. “Seperti tadi yang sudah disaksikan bersama bahwa personil kami sudah all out dan sudah siap, kita latihkan agar siap dalam mengamankan wilayah Probolinggo Kota karena kita tidak mau kecolongan. Kami siap amankan Probolinggo Kota dalam penyelenggaraan Pemilukada 2024,” ucap AKBP Oki.

Sinergi pengamanan kota dalam Pilkada nanti melibatkan 300 personel gabungan antara Pemerintah Kota Probolinggo, Polres Probolinggo Kota, dan Dandim 0820 Problinggo. Taktik pengamanan, penanganan kerusuhan, pengendalian massa, serta koordinasi antar instansi dalam situasi darurat disimulasikan secara nyata pada giat tersebut. (sit/pin)

BAGIKAN