Jelang Purna Tugas, Ratusan ASN Diberi Pembekalan

2024

Kanigaran - Pemerintah Kota Probolinggo melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar acara Pembekalan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Purna Tugas Periode Januari s/d Desember 2025, Kamis (13/6). Acara yang bertempat di Gedung Puri Manggala Bhakti itu dibuka oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan Sekretariat Daerah Kota Probolinggo Slamet Swantoro.

Fatchur Rosi, Kepala BKPSDM mengatakan bahwa maksud diselenggarakannya kegiatan pembekalan ini untuk memberikan motivasi psikologis sekaligus informasi berkaitan layanan administrasi ketaspenan bagi PNS menjelang purna tugas.

“PNS yang akan memasuki masa purna tugas diharapkan mempunyai kesiapan baik secara fisik maupun psikologis menghadapi masa purna untuk mewujudkan PNS bahagia sejahtera,” ujar Fatchur Rosi.

Di hadapan 115 PNS yang akan purna tugas, Staf Ahli Slamet Swantoro menyatakan bahwa pensiun bagi seseorang dihadapkan pada beragam kondisi. Bukan saja hanya terkait soal manajemen waktu, yang semula padat menjadi sedemikian longgar, namun juga terkait dengan masalah psikologi, kesiapan mental, dan kemampuan untuk mengatur kebutuhan finansial.

“Dalam proses manajemen kepegawaian, seorang PNS harus mampu beradaptasi ketika tidak bisa lagi menggunakan kapasitasnya dalam menjalankan urusan kedinasan. Dengan harapan agar kita mampu meminimalisir munculnya gejala post power syndrome,” jelas Slamet.

Slamet meneruskan bahwa untuk menyikapi hal tersebut perlu adanya eksistensi diri yang terus dijaga sehingga dapat terus berkarya dan berproduktivitas. Terlebih lagi dengan adanya reformasi birokrasi, harus dapat mengubah pola pikir yang lama menjadi lebih maju, profesional dan inovatif sehingga dapat menerima perubahan dengan manajemen diri yang baik.

“Jadikanlah masa pensiun ini sebagai awal kehidupan baru yang lebih bahagia serta mampu memberi manfaat tidak hanya bagi kita sendiri tetapi juga bagi orang lain. Seperti yang dikatakan oleh Bapak Pj Wali Kota ya, pensiunan harus bahagia. Percuma kalau uang ada, tapi tidak bahagia,” tegasnya.

Hadir sebagai narasumber untuk giat tersebut yakni Prof. Umi Dayati dari Universitas Negeri Malang yang membawakan materi pembekalan terkait motivasi psikologis bagi PNS yang akan memasuki masa purna tugas.

Sementara materi kedua diisi oleh PT. Taspen Persero terkait Materi Layanan PNS BUP, dan materi terakhir dibawakan oleh Bank Mandiri Taspen dengan materi sosialisasi perbankan dari Bank Mandiri Taspen Cabang Probolinggo yang menjadi mitra Pemerintah Kota Probolinggo serta Mitra Taspen. (sit/pin)

BAGIKAN