Jelang Raka-Raki Jatim, Dewi Maharani Nurkholis Tekankan Tiga Poin Penting

2024

KANIGARAN – Istri Penjabat (Pj) Wali Kota Probolinggo, Dewi Maharani Nurkholis menerima lawatan 6 orang perwakilan dari Paguyuban Kang Yuk Kota Probolinggo ke Rumah Jabatan Wali Kota Probolinggo, Kamis (30/5) sore.

Dalam waktu dekat, Kota Probolinggo kembali akan mengirimkan perwakilannya untuk ikut serta dalam ajang pemilihan duta wisata Raka-Raki Provinsi Jawa Timur 2024 Oktober mendatang, dengan mengirimkan putra-putri terbaiknya, yakni Kang Tegar Pandu Siswanto dan Yuk Sri Sulmadani Tungke.

Dewi menyatakan, pemilihan duta wisata memiliki kriteria penilaiannya sendiri, namun tiga poin yang selalu ada adalah 3B. Yakni Brain, Behavior, Beauty.

Pertemuan hangat yang dimulai sekira pukul 15.30 WIB itu, Dewi menyampaikan, banyak orang yang merasa tidak aman jika mendengar kriteria Beauty.

Menurutnya, ini bukan berarti seorang duta harus ganteng/cantik luar biasa, atau memiliki tubuh seorang model. Namun yang terpenting ia dapat menampilkan diri dengan baik ke publik melalui kebersihan diri, kerapihan penampilan, dan tentunya senyum sebagai salah satu bahasa komunikasi yang penting untuk memberikan kesan baik pada orang lain.

“Tentang bagaimana kesiapan dirinya untuk mengikuti lomba, pengetahuan, penampilan, nantinya berproses juga ya. Jadi, cakep aja nggak cukup,” ujarnya.

Lalu, lanjutnya, seorang duta akan sering bertemu dengan orang banyak. Sehingga diperlukan intelektualitas (Brain) yang baik.

Setiap duta wisata, ungkapnya, juga mengemban nama besar budaya yang diwakilinya, sehingga di manapun ia berada, ia harus menjaga perilakunya (Behavior).

“Mereka cukup kreatif, komunikatif juga, humble ya. Tapi kita juga masih perlu memberikan motivasi untuk bisa berkembang lagi potensinya,” tandasnya.

Didampingi Perangkat Daerah (PD) terkait dalam hal ini Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) sebagai instansi pembina, pertemuan yang berlangsung selama 90 menit itu pun membahas berbagai persiapan dan langkah apa saja yang bisa dilakukan Perwakilan Kota Probolinggo di ajang tahunan tersebut.

Kepala Dispopar melalui Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Yuli Budiastuti mengatakan bahwa Pemkot Probolinggo senantiasa mendukung kiprah para pemuda-pemudi setempat untuk berlaga utamanya membawa nama baik daerah.

"Tentunya support terbaik selalu kita berikan kepada anak-anak kami yang berlaga untuk ajang apapun itu, termasuk pemilihan duta wisata Raka-Raki Provinsi Jawa Timur 2024 ini. Ini adalah untuk pertama kalinya, support dan atensi diberikan langsung oleh ibu Pj Wali Kota dan Alhamdulillahnya juga beliau menjanjikan untuk meluangkan waktunya untuk berbagi ilmu dan pengalamannya untuk anak-anak kami, di luar persiapan ajang ini juga," katanya. (es/pin)

BAGIKAN