Kedatangan 198 Jamaah Haji Kloter 43, Disambut Hangat Keluarga

2024

Kanigaran – Ratusan keluarga jamaah haji Kota Probolinggo sudah memenuhi halaman Kantor Wali Kota Probolinggo sejak pukul 07.00 WIB. Mereka yang bisa masuk terbatas hanya satu orang sebagai pendamping untuk membantu membawa koper jamaah haji. Suara talbiyah dan iringan hadrah membuat suasana haru semakin terasa.

Sekira pukul 08.30 WIB, sejumlah 198 jamaah haji yang tergabung dalam kloter 43 memasuki halaman Pemkot, Kamis (4/7). Mereka disambut Penjabat Wali Kota Nurkholis serta perwakilan forkopimda, tokoh agama dan kepala perangkat daerah di pintu utama kantor wali kota. Ada 5 bus yang membawa jamaah haji, sedangkan koper mereka diangkut oleh 1 truk.

Para jamaah haji laki-laki langsung berjabat tangan dan berpelukan dengan Pj Wali Kota Nurkholis. Sedangkan jamaah haji perempuan diterima oleh Asisten Pemerintahan Madihah dan kepala perangkat daerah perempuan lainnya di barisan sisi sebelah barat. Setelah itu barulah jamaah haji mengambil koper besar didampingi keluarganya, di halaman belakang pemkot.

“Alhamdulillah semua jamaah haji kota datang dengan sehat dan selamat, itu yang patut kita syukuri. Semoga menjadi haji yang mabrur, informasi dari petugas pendamping haji, selama di sana tidak ada kendala yang berarti. Bahkan tadi ada yang bercerita, berangkat kondisi sakit dan pulangnya dalam kondisi sehat. Mereka tidak bisa kita kumpulkan dulu, karena sudah terlanjur kangen dengan keluarganya,” urai Nurkholis.

Salah satu jamaah haji yang menggunakan kursi roda, Muhammad Holili (59) dari Kecamatan Kedopok merasa bahagia disambut keluarganya. Ia berangkat bersama istrinya Nur Hasanah yang mendorong kursi rodanya, selama melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

“Alhamdulillah selama di sana diberikan kemudahan, apalagi yang pakai kursi roda ada jalannya sendiri. Suami saya kena stroke jadi tidak bisa berjalan, jika saya kelelahan maka bisa pakai jasa orang untuk mendorong kursi roda bapak. Kami bahagia sekali bisa menjalankan ibadah haji, karena sudah menunggu selama 13 tahun untuk bisa berangkat,”ujar sang istri.

Sementara itu, Laila Fatmawati penyusun dokumen haji dan operator Siskohat Kemenag Kota Probolinggo mengatakan jika jumlah haji tahun ini ada 201 orang. Kloter 43 yang datang hari ini jumlahnya 198 orang. Sedangkan sisanya berangkat dari AMA Madinah, untuk kloter 95 ada 1 orang yang diperkirakan sampai di Kota Probolinggo (20/7) mendatang pukul 03.45 WIB. Kemudian untuk yang ikut kloter 106 akan tiba (22/7) mendatang pukul 15.35 wib. (yul/uby)

BAGIKAN