Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kota Probolinggo

2024

Kanigaran - Rombongan Kirab Pasukan Tanda Kehormatan (Pataka) Jer Basuki Mawa Beya akhirnya tiba di Kota Probolinggo, Jumat (27/8) sekitar pukul 08.00 WIB di halaman Kantor Wali Kota Probolinggo.

Rombongan yang sebelumnya bertolak dari Kabupaten Pasuruan ini diterima oleh Sekda Kota Probolinggo, Forkopimda, para asisten, staf ahli, dan kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.

Prosesi penerimaan Pataka Jer Basuki Mawa Beya dilakukan dari Kepala Satpol PP Kabupaten Pasuruan kepada Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati, sebelum diserahkan kepada Kepala Satpol PP Kota Probolinggo.

Selanjutnya dilakukan penyerahan Lambang Satuan Polisi Pamong Praja Wibawa, Lambang Satuan Perlindungan Masyarakat, Lambang Pemadam Kebakaran Yudha Bhrama Jaya, dari Satpol PP Kabupaten Pasuruan ke Satpol PP Kota Probolinggo, kemudian Sekda Ninik membacakan Ripta Prasasti dan prosesi diakhiri dengan doa.

Antusias masyarakat hingga pelajar di sepanjang rute yang dilewati menambah kemeriahan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya yang dilepas langsung oleh Sekda Ninik dari depan Kantor Wali Kota Probolinggo, diiringi Paskibraka Kota Probolinggo, Marching Band SMKN 4 Kota Probolinggo, Kesenian Musik Dug - Dug Rebumi, dan iring - iringan kendaraan pengawalan.

Sekda Ninik mengatakan bahwa Kirab Panji Jer Basuki Mawa Beya merupakan rangkaian kegiatan jelang Hari Jadi Provinsi Jawa Timur. "Kirab ini merupakan agenda rutin setiap tahun dalam rangka menyambut Hari Jadi Provinsi Jawa Timur tanggal 12 Oktober nanti. Semoga di usia ke - 79 tahun ini, Jawa Timur semakin Luar Biasa, Bangkit, dan Berjaya," harapnya. (crl/pin)

BAGIKAN