Kota Probolinggo jadi Tuan Rumah Safari Ramadan Pemprov Jatim

2024

KANIGARAN - Kota Probolinggo menjadi tuan rumah pertama dalam rangkaian Safari Ramadan Tahun 2024 Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kegiatan yang berlangsung di halaman kantor pemkot pada Minggu (17/3) sore ini dihadiri langsung oleh Penjabat Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono beserta jajaran pejabat Pemprov Jawa Timur. Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis menyambut kedatangan mereka dengan hangat. Agenda utama Safari Ramadan kali ini adalah penyerahan bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dikatakan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Jawa Timur Bobby Soemiarsono, total ada 160 orang penerima manfaat yang turut diundang pada sore itu. Diantaranya bantuan sosial untuk Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas (ASPD) dan PKH Plus, Tali Asih kepada penerima lanjut usia serta Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Taruna Siaga Bencana (Tagana), dan Pendamping PKH Plus dan Jatim Sosial Care. Berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Timur juga diserahkan zakat produktif bagi pelaku usaha ultra mikro, apresiasi untuk seniman Jawa Timur serta santunan anak yatim piatu.

“Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemprov terkait pemberian bantuan kepada masyarakat, dan kegiatan hari ini merupakan bagian bantuan sosial yang dilaksanakan di Jawa Timur, melalui Dinas Sosial Jawa Timur untuk tahap 1 tahun 2024,” jelas Bobby yang dilantik menjadi Pj Sekda Jatim pada 5/3 lalu itu.

Sementara itu, dalam sambutannya, Pj. Gubernur Adhy mengatakan bahwa Safari Ramadhan ini digelar di beberapa kabupaten / kota di Jawa Timur. Selain diisi dengan pemberian bantuan sosial dan zakat produktif, juga digelar pasar murah yang menjual berbagai sembako dengan harga terjangkau.

"Ini adalah upaya Pemprov Jatim untuk menyentuh seluruh lapisan masyarakat sebagai penerima manfaat. Bukan hanya yang miskin/rentan, tapi juga pekerja seni dan pilar-pilar sosial. Dimana kita berterima kasih atas kontribusinya," ujar Adhy.

Diketahui, harga sembako yang dijual di pasar murah semuanya dibawah HET. Beras SPHP 5 kg dijual dengan Rp. 51.000 atau Rp. 10.200 per kg. Selain itu ada pula telur ayam yang dijual Rp. 27.000 per kg, gula pasir Rp. 16.000 per kg dan minyak kita Rp. 14.000 per liter.

Lebih lanjut, Pj. Gubernur Adhy menekankan, Pemprov Jatim telah memberikan sembako murah, berkolaborasi dengan Satgas Pangan, sidak ke Gudang Bulog dan gudang distribusi lainnya. "Langkah ini untuk memastikan bahwa meskipun di Jatim mengalami kenaikan harga bahan pokok, tapi relatif lebih kecil dibandingkan provinsi lainnya," katanya.

Kehadiran Pj Gubernur Jatim ini tentu disambut baik oleh Pj Wali Kata Nurkholis. dirinya menyampaikan terima kasih atas bantuan dan dukungan kepada masyarakat Kota Probolinggo. “Hal ini menjadi suntikan semangat dalam upaya peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat yang rentan. sekali lagi, saya ucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan. tentu hal ini sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya,” ucap orang nomor satu di Kota Probolinggo itu.

Tampak sebelum acara seremonial, Pj Gubernur Adhy Karyono didampingi Nurkholis  menyapa dan melayani warga yang sedang bertransaksi di Pasar Murah. Kegiatan tersebut diadakan oleh pemprov melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur. (sit/dp)

BAGIKAN