Launching Genius, Ratusan Siswa Sekolah Dasar Kota Probolinggo Terima Manfaat

2024

KADEMANGAN - Sebagai bagian dari intervensi kewaspadaan pangan dan gizi terhadap masyarakat rentan rawan pangan, Pemerintah Kota Probolinggo melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) melaksanakan Launching Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi Untuk Siswa (Genius). Program kerjasama Badan Pangan Nasional bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur dan Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri itu diresmikan oleh Sekretaris Daerah drg. Ninik Ira Wibawati, Senin (26/8) pagi di SDN Triwung Kidul 2.

Genius merupakan program peningkatan pengetahuan, sikap dan praktik pangan serta gizi bagi siswa, orang tua dan guru sekolah dasar. Untuk Tahun 2024 dilaksanakan di 30 kabupaten/kota pada 10 provinsi. Untuk Provinsi Jawa Timur ada 3 kabupaten/kota terpilih diantaranya Kota Probolinggo, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Blitar. Selain pendampingan edukasi juga diberikan kudapan kepada siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6 selama 20 kali, yakni pada bulan Agustus hingga Oktober. Menunya adalah kudapan beragam, bergizi seimbang dan aman, diberikan setiap hari Senin Rabu dan Jumat.

Sekda Ninik mengatakan bahwa Genius merupakan langkah konkret pemerintah dalam menyiapkan masa depan generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas. “Anak-anak adalah generasi penerus bangsa, masa depan mereka adalah masa depan kita semua. Oleh karena itu kesehatan dan pendidikan mereka adalah prioritas utama. Dalam upaya membangun generasi yang sehat dan cerdas diperlukan langkah-langkah konkret yang melibatkan semua pihak, baik dari pemerintah, sekolah, orang tua maupun masyarakat,” terang Sekda Ninik di depan siswa-siswi SDN Triwung Kidul 2 itu.

Sejalan dengan semangat kewaspadaan terhadap pangan dan gizi, Sekda Ninik juga turut mengampanyekan gerakan Stop Boros Pangan dengan mengajak peserta launching untuk makan secukupnya dan tidak berlebihan. “Jadi dengan adanya ini mengingatkan kembali kita semua, kita mulai dari diri kita sendiri, kalau mengambil makanan itu secukupnya, kalau kurang nanti boleh menambah, begitu ya, jangan makanan masih banyak tidak habis di piring kita dibuang, sayang sekali,” ajaknya.

Kepala DKPPP Aries Santoso menambahkan di Kota Probolinggo, sebanyak 589 siswa dari 3 sekolah dasar negeri menerima manfaat dari program Genius tahun ini. “Sasaran penerima manfaat untuk Kota Probolinggo, antara lain SDN Triwung Kidul 2 sejumlah 174 siswa, SDN Triwung Kidul 3 sejumlah 166 siswa dan SDN Sumber Wetan 1 sejumlah 249 siswa,” terang Kadis Aries.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan secara simbolis paket kudapan pangan bergizi oleh Sekda Ninik, perwakilan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur Diah Sulistiowati serta Kadis DKPPP Aries Santoso kepada perwakilan siswa-siswi penerima manfaat. Acara berlanjut dengan suguhan tampilan kreatifitas tepuk Genius, yel-yel Genius serta koreografi lagu Stop Boros Pangan oleh murid-murid dan guru pendamping SDN Triwung Kidul 2. Hadir bersama di lokasi launching diantaranya staf ahli wali kota, asisten, kepala perangkat daerah terkait, camat, lurah dan kepala sekolah setempat. (dp/pin)

BAGIKAN