Lestarikan Budaya Lokal, Ratusan Warga Antusias Saksikan Kirab Berkam

2024

MAYANGAN - Sabtu siang (20/07), Kelurahan Sukabumi, Mayangan punya gawe yakni Festival Budaya Kirab Gunungan dengan mengusung tema "Berkam" Bersih Kampung Bremi. Ini merupakan giat tahunan yang diselenggarakan sebagai bentuk mengenang asal cikal bakal terbentuknya Kampung Bremi. Giat tahunan ini pun digelar tepat di depan Balai RW 01, Jl. Wijaya Kusuma.

Diikuti oleh Rukun Warga  01 dengan jumlah 15 Peserta Kirab dari masing-masing Rukun Tetangga (RT) yang terlibat serta unsur lembaga pendidikan di wilayah sekitar antara lain Yayasan Pencak Silat "Sehati Teratai" dari Yon Zipur 10, SDN Sukabumi 7, dan TK Pusporini yang menyuguhkan berbagai macam atraksi kesenian budaya.

Dalam kesempatan itu Pj Nurkholis, menyampaikan apresiasinya terhadap giat kearifan lokal semacam ini sebagai wujud melestarikan tradisi budaya yang ada serta  mengenalkan kepada generasi muda akan kesenian budaya lokal.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan seni budaya seperti ini bapak-ibu, nanti kalau terus dikreasikan dan dikembangkan bisa jadi akan meriah seperti JFC (Jember Fashion Carnival)," ucapnya.

Sementara itu, Plt. Lurah Sukabumi Angga Budi Pramudia dalam laporannya menyampaikan, kegiatan Bersih Kampung Bremi ini diselenggarakan selama beberapa hari, terhitung dari tanggal 14-21 Juli. Diawali dengan kerja bakti massal bersih-bersih Kampung Bremi serentak, Khotmil Qur'an, Giat Napak Tilas terkait renungan suci telusur jejak sejarah Kampung Bremi, Pasar Jaman Biyen, Kirab Gunungan dan Malam Ancakan sebagai puncak acara.

Angga menambahkan giat ini sebagai ajang silaturahmi dan pelestarian budaya lokal serta mengenalkan kepada generasi muda akan kesenian tradisi yang sudah ada. "Kegiatan ini digelar tahunan, dan alhamdulillah sudah berjalan 9 tahun sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah. Selain itu, sebagai upaya untuk melestarikan budaya kebersamaan. Harapan kami, kegiatan ini dapat menjadi ikon baru sebagai salah satu destinasi event lokal," jelasnya.

Meskipun panas terik serta angin yang berhembus kencang, tak menyurutkan masyarakat Kampung Bremi dalam menyaksikan giat ini. Ratusan masyarakat memadati sepanjang Jl. Wijaya Kusuma hingga Jl. Mawar untuk menyaksikan berbagai atraksi kesenian budaya yang ditampilkan.

Hadir pula Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siti Romlah, Kepala Bappeda Litbang Diah Sajekti, Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Rachmadeta Antariksa dan segenap jajaran dari Kelurahan Sukabumi. (dev/pin)

BAGIKAN