Lolos 7 Besar Kompetisi SKK, Kecamatan Kademangan Ikuti Penilaian Tinjau Lapang

2024

KADEMANGAN - Penjabat Wali Kota Nurkholis menerima kunjungan Tim Penilai Tinjau Lapang Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan (SKK) Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 di Pantai Permata Pilang, Senin (2/9) siang. Diketahui Pemerintah Kota Probolinggo melalui Kecamatan Kademangan lolos dalam 7 besar dari kompetisi yang digelar Biro Pemerintahan Provinsi Jawa Timur. Pada hari itu, Tim Penilai dari lintas sektor mengunjungi beberapa lokasi di wilayah kecamatan setempat untuk melihat kesesuaian data dan informasi dari hasil pemaparan yang disampaikan oleh Camat Kademangan Gofur Effendy pada awal Agustus lalu.

Di sela kegiatan, Penjabat Nurkholis mengatakan bahwa realitas di lapangan yang ditemui oleh tim penilai merupakan kondisi nyata yang memang terjadi di masyarakat  sehari-hari. Bahwa sinergitas di kecamatan sudah terbentuk hingga 3 pilar pada tingkat kelurahan.

“Intinya, kita bukan mengada-ada, itulah potret aslinya yang dilihat oleh teman-teman, sinergitas kita di kecamatan sudah seperti itu, baik buruknya itu aslinya, tidak ada yang ditutupi, yang ada real di lapangan silahkan dinilai. Artinya menunjukkan bahwa kita ini bukan karena lomba terus diada-adakan, tetapi sehari-hari itu sinergitas bahkan sampai kelurahan bersama 3 pilar,” jelas Nurkholis.

Pesannya untuk camat dan lurah di wilayah Kecamatan Kademangan adalah, agar menjalankan masukan dan rekomendasi dari hasil penilaian tim verifikator. “Apa masukan nanti dari Tim Penilai ya dilaksanakan, itu kan untuk ke depan agar lebih bagus lagi,” pesan Penjabat Wali Kota Probolinggo itu.  

Pelaksanaan lomba diawali dengan seleksi administrasi yang diikuti oleh 34 peserta dari kabupaten/kota se-Jawa Timur. Dilanjutkan dengan tahap presentasi untuk memilih 7 besar yang akan masuk ke tahap verifikasi tinjau lapang. Pada tahap tinjau lapang ini, Kecamatan Kademangan mengajukan 4 kelurahan untuk dinilai. Yaitu Kelurahan Pilang, Triwung Lor, Triwung Kidul, dan Kelurahan Ketapang, yang terbagi ke dalam 16 titik lokasi peninjauan. Penilaian yang berlangsung selama 1 hari ini akan menentukan pemenang 5 besar kecamatan se-Jawa Timur, yang akan diumumkan pada akhir bulan September nanti.

Sementara itu, Camat Kademangan mengungkapkan, ada 3 fokus kegiatan yang dinilai oleh tim tinjau lapang di wilayahnya. Diantaranya, BPJS Bangkit, Kampung Tematik dan Harkat Gadis Turing. “Pertama, BPJS Bangkit dikembangkan menjadi Demang Dimas dan direplikasi menjadi Portal Emas, sekarang digunakan oleh 5 kecamatan, berikutnya ada Kampung Tematik dan Harkat Gadis Turing bersama Tim Penggerak PKK Kecamatan Kademangan,” ungkap Camat Gofur.

Usai melakukan tinjau lapang, salah seorang tim penilai dari Bappeda Provinsi Jawa Timur, M Affan Effendi mengaku cukup puas dengan hasil penilaiannya. Ke depan dirinya berharap peran kecamatan bisa lebih luas lagi dalam mengajak partisipasi masyarakat. “Semoga dengan adanya ini, Kecamatan Kademangan sudah masuk 7 besar, bisa menyisihkan beberapa kabupaten/kota lainnya se-Jatim, itu sudah bagus bagi kami. Ke depan, tidak berhenti di SKK ini, pesan saya agar Pak Camat benar-benar bisa hadir di tengah masyarakat sehingga peran kecamatan dirasakan oleh masyarakat,” katanya (dp/pin)

BAGIKAN