Maknai Idul Adha sebagai Wujud Kepatuhan terhadap Perintah Allah SWT

2024

Mayangan – Ribuan jemaah salat Idul Adha memadati Masjid Agung Raudhatul Jannah, Senin (17/6). Penjabat Wali Kota Nurkholis beserta istri Dewi Maharani dan putranya, juga beribadah di Masjid yang berada di barat alun-alun kota itu. Dewi Maharani bersama Sekda Kota Ninik Ira Wibawati berkumpul dengan jemaah perempuan, yang posisinya berada di Jalan KH Agus Salim persis depan halaman Masjid Agung.

Pelaksanaan salat dimulai pukul 06.00 WIB, sedangkan yang bertugas sebagai Imam/Khatib Ketua PWNU Jatim Dr KH Ahsanul Haq. Sebelumnya takmir masjid mengumumkan jumlah hewan kurban yang akan disembelih berjumlah 2 ekor sapi dengan rincian, 1 ekor sapi dari Pemkot Probolinggo dan 1 ekor sapi dari RSIA Amanah. Sedangkan kambing berjumlah 11 ekor, yang semua hewan kurban ini akan disembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) Jagalan.

Usai salat Idul Adha, khatib mengingatkan makna Idul Adha yang sesungguhnya. “Momentum ini tidak bisa lepas dari kisah Nabiyullah Ibrahim Alaihissalam. Gambaran tentang totalitasnya dalam melaksanakan perintah Allah. Kepatuhan beliau dan keluarganya inilah yang membuatnya diangkat sebagai Khalilullah (hamba yang dicintai Allah”, urainya.

Ia juga menambahkan para nabi dan rasul juga memiliki kelebihan masing-masing, sehingga menempati derajat tinggi di sisi Allah SWT. Seperti kisah Nabi Adam AS, Nabi Nuh AS, termasuk Ali Imran.

“Sebagai hamba Allah kita-pun harus meniru jejak Nabi Adam AS.  Saat bergaul dengan masyarakat, kemudian ada kesalahan seyogyanya langsung meminta maaf. Apalagi jika bersalah kepada Allah, beristighfar-lah memohon ampun,” ujarnya.

Kyai ini juga berpesan agar ridho, sabar dan ikhlas dalam menerima takdir yang tidak sesuai dengan keinginan. Termasuk mengikuti jejak Nabiyullah Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS dalam menjalankan perintah Allah SWT. “Laksnakan perintah Allah dengan sepenuh hati, jalani setiap takdir dengan ikhlas. Insha Allah akan diangkat derajatnya oleh Allah,” pungkasnya.

Usai Khatib menutupnya dengan doa, Pj Wali Kota Nurkholis beranjak ke luar halaman masjid. Ia didampingi Sekda Ninik Ira Wibawati, Kabag Kesra Andri Purwanto, Kepala DKPPP Aries santoso, serta kepala perangkat daerah lainnya menyerahkan hewan kurban secara simbolis. (yul/pin)

BAGIKAN