Malam kedua Semipro 2024 Tetap Ramai

2024

MAYANGAN - Kemeriahan pelaksanaan giat Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) 2024 di malam kedua (29/6) masih terasa. Ribuan pengunjung antusias memadati kawasan Alon-alon setempat.

Ya. Malam tadi masyarakat baik dari dalam maupun luar Kota Probolinggo, sejak sore hari terpantau terus meringsek memadati pusat digelarnya event tahunan tersebut.

Hal itu sempat dibenarkan oleh Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Rahmadeta Antariksa melalui Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Yuli Budiastuti yang ditemui di tengah-tengah acara berlangsung, malam tadi.

“Sempet pesimis (bakal ramai pengunjung), tapi Alhamdulillah antusias masih terasa. Bersamaan dengan (datangnya) angin Gending juga ini, jadi harus datang (ke Semipro 2024) dengan persiapan ekstra (menggunakan jaket, red),” katanya.

Masih menurut Yuli, antusias itu tak hanya ditunjukkan oleh pengunjung. Perempuan berhijab itu mengungkapkan, sampai dengan malam tadi ia masih saja mendapatkan laporan permintaan keikutsertaan partisipan untuk mengisi stand yang ditawarkan selama Semipro berlangsung hingga tanggal 6 Juli mendatang.

“Masih kita terima juga, selanjutnya kami arahkan untuk langsung menghubungi EO-nya. Stan makanan/minuman dari jadul sampai yang kekinian, berbagai kebutuhan rumah tangga, pameran, semua ada. Jadi, habiskan uangnya di Kota Probolinggo,” ujarnya seraya berkelakar.

Sedikit berbeda dari pelaksanaan sebelum-sebelumnya, tahun ini Semipro diselenggarakan lebih awal, yakni di pertengahan minggu ke empat bulan Juni sampai dengan awal bulan Juli 2024. Hal itu bukan tanpa alasan.

Pasalnya, Yuli menuturkan, event ini juga digelar dalam rangka memanfaatkan momen libur panjang sekolah.

“Karena Semipro sudah menjadi agenda rutin tahunan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Apalagi (pelaksanaannya digelar) pas momen liburan sekolah juga,” tuturnya.

Semipro, merupakan event tahunan sebagai ajang kreativitas seni, budaya dan pemberdayaan ekonomi lokal yang sudah digelar sejak tahun 2009. Dalam tiap gelarannya, Semipro kerap menampilkan berbagai bentuk tampilan berbasis kearifan lokal, kuliner, pawai budaya, pameran UMKM, lomba/kompetisi, olahraga, serta hiburan anak-anak.

Seperti semalam, misalnya, masyarakat dihibur dengan ragam penampilan antar pelajar, mulai tingkat dasar hingga menengah. Mulai tarian, hadrah, live music hingga menyanyi solo. Plus special performance dari musisi lokal yang tengah digandrungi anak muda yang namanya tengah naik di Instagram, bernama Danang Danilo.

“Ini perform kedua saya (di ajang Semipro). Ada beberapa lagu yang nanti saya bawakan dengan teman-teman, sekitar tujuh sampai delapan (lagu). Dan perlu diketahui, saya asli putra daerah (Probolinggo). Jadi ketika dikontak untuk ikut mengisi di Semipro, tanpa pikir panjang lagi, langsung gazz (menyetujui, red),” akunya bangga.

Pria berusia 36 tahun itu juga mengakui bahwa, setiap tahunnya Semipro memang selalu sukses menyedot perhatian berbagai kalangan. Untuk itu tak lupa ia berpesan khususnya pada pengunjung untuk selalu menikmati berbagai hiburan yang disajikan gratis tersebut dengan tertib. Serta memborong berbagai keperluan dengan berbelanja di stand UMKM yang ada.

“Ayok dolen neng Semipro, Rek. ojok sampek keliwat, seminggu setahun, entekno duwekmu neng kuto-ku, Probolinggo,” tandasnya. (es/uby)

BAGIKAN