Marbot Hingga Imam Masjid Dapat Santunan di Peringatan Maulid Nabi

2024

Kademangan - Kedatangan Pj. Wali Kota Nurkholis di Masjid Miftahul Khoirot Assulthon Triwung Kidul melengkapi suka cita masyarakat saat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada Minggu (8/9) malam. Sejak pukul 19.00 WIB, Nurkholis yang telah ditunggu ratusan warga hadir memberikan santunan kepada marbot, muazin dan imam masjid setempat.

Dalam santunan ini, Pemkot bekerja sama dengan Baznas Kota Probolinggo sebagai mitra. Setidaknya 45 pengurus masjid yang terdiri dari marbot, muazin dan imam terpilih dalam program itu. Masing-masing mendapatkan santunan sebesar Rp 200 ribu dan satu paket bingkisan makanan.

Acara berlangsung dengan pembacaan selawat Nabi. Usai memberikan santunan, Nurkholis yang berbaju putih nampak khusyuk melantunkan selawat bersama seluruh jemaah yang hadir. Tak terkecuali beberapa pendamping, seperti Ketua Baznas dan Lurah Triwung Kidul.

“Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi momen untuk mengingat kembali perjalanan dan keteladanan Nabi Muhammad SAW, serta mengaktualisasikannya dalam kehidupan probadi dan profesional,” terang Nurkholis.

Terpisah, Ketua Baznas Kota Probolinggo Hakimudin mengatakan, acara ini dilaksanakan untuk pertama kalinya di bulan Maulid. Sebelumnya, selama bulan Muharam Baznas berkolaborasi dengan pemkot mengadakan santunan bagi anak yatim dan duafa.

“Alhamdulillah ini kali pertama. Kalau bulan Muharam kemaren kita adakan kegiatan serupa untuk yatim dan duafa. Karena sekarang momennya masjid-masjid biasanya mengadakan kegiatan Maulid, maka kita bantu para sabilillah yang membantu memakmurkan masjid, baik muazin, bilal, marbot, imam, dan semua yang memakmurkan masjid,” jelasnya.

Ditemui usai acara, Hakimudin menyampaikan persyaratan khusus penerima santunan, yaitu bagi pengurus masjid yang tidak mendapatkan honor dari Bagian Kesra. Rencananya, Pemkot juga akan mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 September mendatang.

“Insyaallah pada tanggal 19 September 2024, Pemkot akan mengadakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dan nanti sabilillah yang ada di masjid-masjid akan diundang. Tentunya, Baznas sangat berterimakasih bisa bersinergi bersama-sama membantu sabilillah di masjid-masjid,” pungkasnya.

Di antara para undangan yang hadir, di antaranya ada Habib Umar dari Pasuruan dan Kiayi Fathur Rozi dari Kabupaten Probolinggo sebagai penceramah. Para penceramah berbagi kisah mengenai sejarah perjuangan Rasulullah SAW, serta bagaimana meneladani sikap Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari. (uby/pin)

BAGIKAN