Menguatkan Semangat Bela Negara Lewat Dialog Wawasan Kebangsaan

2024

KANIGARAN - Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Ketahanan Energi Fakultas Manajemen Pertahanan Universitas Pertahanan Republik Indonesia (UNHAN RI) menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat selama dua hari, Kamis -Jum’at (18-19/7) di Kota Probolinggo.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, mereka melaksanakan Dialog Wawasan Kebangsaan bersama forkopimda dan masyarakat lintas agama yang terdiri dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), pondok pesantren dan majelis gereja di Ruang Puri Manggala Bhakti Kantor Wali Kota Probolinggo, Kamis pagi (18/7).

Penjabat Wali Kota Nurkholis yang membuka giat sekira pukul 09.45 WIB itu menyambut baik maksud serta kedatangan mahasiswa dari universitas yang terletak di Jakarta Pusat ini. Dalam sambutannya, Ia menceritakan berbagai ciri khas Kota Probolinggo, di antaranya tentang budaya pendalungan, mangga, anggur, dan angin gending.

“Saya berharap (waktu) yang sebentar ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kota Probolinggo. Jadi selamat datang di Kota Probolinggo, nikmati, kalau perlu pulangnya seminggu lagi tidak apa-apa, barang kali masih ingin jalan-jalan disini,” ujarnya.

Nurkholis pun diketahui saat ini tengah menempuh pendidikan Strata 2 (S2) di UNHAN RI dan menjadi bagian dari kegiatan pengabdian tersebut. Dengan mengusung tema “Sosialisasi Peningkatan Bela Negara dalam Pemanfaatan Energi untuk Pembangunan Kota Probolinggo”, para peserta diberikan pemahaman mengenai bela negara yang merupakan bagian dari langkah pertahanan negara.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Zahra Amalia, mahasiswa S2 UNHAN RI mengenai urgensi serta esensi kegiatan.

“Untuk pertahanan Bangsa Indonesia, Kami mengangkat tema tentang Bela Negara. Bela Negara tidak berlaku hanya di satu kalangan, tetapi semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Jadi, menurut saya sangat penting dengan adanya tema ini, karena bela negara merupakan perwujudan warga negara dalam mencintai tanah air,” ucapnya.

Sri Murtiana, selaku koordinator program studi dalam sambutannya berharap pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa Pasca Sarjana Ketahanan Energi Fakultas Manajemen Pertahanan ini bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan dan bermanfaat.

“Kami berharap program pengabdian kepada masyarakat dapat berjalan dengan lancar sebagaimana yang kami harapkan. Selanjutnya, kami menyampaikan selamat melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan aman, sukses dan bermanfaat bagi kita semua,” tuturnya. (dy/zul/mg/uby)

BAGIKAN