Meriahkan HUT Ke-79 RI, Warga Kelurahan Sukoharjo Gelar Karnaval Asoka

2024

KANIGARAN - Meskipun cuaca Kota Probolinggo sedang panas dan terik namun tak menyurutkan antusias warga Kelurahan Sukoharjo untuk meramaikan pawai Karnaval Asoka 2024, Minggu (18/8) siang. Digelar di sepanjang Jalan KH Hasan Genggong, Asoka atau Arek-Arek Sukoharjo Karnival berlangsung meriah dengan hentakan musik dan warna-warni kesenian daerah. Agenda yang digagas oleh LPM dan Karang Taruna Kelurahan Sukoharjo ini dibuka langsung oleh Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis.

Diantara 20 tim peserta karnaval ada atraksi drumben lengkap dengan pemandu sorak, tari tradisional, kreasi tari kontemporer dari pelajar sekolah dasar juga fashion show kobuda. Berikutnya juga ada penampilan senam aerobik, kesenian dug-dug serta gunungan hasil bumi warga Kelurahan Sukoharjo. Seluruhnya bergantian pamer kreatifitas di depan Penjabat Wali Kota Nurkholis, Camat Kanigaran, lurah se-Kec Kanigaran juga dewan juri karnaval.

Melihat semangat dan kekompakan warga Sukoharjo, Nurkholis sampaikan apresiasi juga pujian untuk seluruh pimpinan dan warga yang telah menyelenggarakan Karnaval Asoka 2024 itu.

“Luar biasa apa yang akan kita lakukan, terima kasih, saya mengapresiasi kepada Pak Lurah, Pak Camat dan kepada seluruh lurah di lingkungan Kecamatan Kanigaran,” terang Nurkholis.

Nurkholis berharap, kegiatan rutin tahunan ini bisa menjadi sarana untuk mendukung kreatifitas serta menghibur masyarakat sekitar. “Mudah-mudahan masyarakat jadi terhibur dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia,” harap Penjabat Wali Kota Probolinggo itu.

Salah seorang peserta Karnaval Zaskia Yolanda mengaku bersemangat dalam mengikuti Karnaval Asoka ini. Dirinya bahkan telah menyiapkan kostum karnaval 2 minggu sebelum acara. “Ini kreasi saya sendiri, persiapannya sendiri sekitar 2 mingguan ya,” kata Zaskia yang mengenakan pakaian Kobuda Kupu-Kupu bernuansa hijau emas itu.

Sementara itu, Ketua Pelaksana acara, Slamet Hariyono menegaskan bahwa karnaval ini mengusung tema kebersamaan untuk membawa Keluruhan Sukoharjo lebih baik lagi. “Untuk menjaga kebersamaan, kekompakan, untuk memajukan Sukoharjo yang lebih hebat lagi,” terang Slamet. (dp/pin)

BAGIKAN