Momen HKG 2024, Perkuat Peran PKK Sebagai Mitra Pemerintah

2024

KANIGARAN – Tim Penggerak (TP) PKK Kota Probolinggo menggelar puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 di ruang Puri Manggala Bhakti kantor wali kota setempat, Jum’at (31/5) pagi.  Mengangkat tema “Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju”, HKG menjadi momentum untuk memperkuat PKK sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembangunan melalui pemberdayaan keluarga.

“Selamat Ulang Tahun ke 52. PKK, mempunyai peran yang luar biasa karena PKK adalah organisasi mitra yang harus selalu didampingi dan didukung dalam program kerjanya. Saya apresiasi atas partisipasinya selama ini, ikut membangun Kota Probolinggo yang lebih baik,” ucap Penjabat Wali Kota Nurkholis, mengawali sambutannya.

Pj Nurkholis juga menitipkan pesan terkait stunting. Stunting, tuturnya, adalah permasalahan bagi seluruh elemen yang ada. Untuk itu, Pemkot dan PKK harus bergerak bersama melakukan pemetaan permasalahan untuk menentukan langkah solutif.

Angka stunting Kota Probolinggo itu tertinggi ke-2 di Jawa Timur. Ini menjadi concern kita bersama,” katanya.

Selain permasalahan stunting, penyuka olahraga itu juga menyinggung perihal Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Indikator ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan kehidupan yang baikdengan menerapkan hidup bersih dan sehat.

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Kota Probolinggo Dewi Maharani Nurkholis menyampaikan 3 hal yang perlu mendapat perhatian TP PKK saat ini. Pertama, memantapkan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Kedua, mengoptimalkan potensi gerakan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mempercepat pembangunan nasional dan daerah dan ketiga, pencapaian PKK dalam pelaksanaan rencana induk gerakan PKK tahun 2021-2024.

Dewi berharap, kedepan TP PKK Kota Probolinggo dapat menjawab tantangan dan mewujudkan capaian substansi tugas dan fungsi TP PKK untuk mencapai visi gerakan PKK tahun 2021-2024. Yakni, terwujudnya keluarga sehat, cedas, berdaya, beriman, dan bertakwa menuju Indonesia maju 2024.

“Terimakasih seluruh kader PKK atas semua kontribusi, dedikasi dan kerja kerasnya dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK di tengah masyarakat. Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan meridhoi upaya kita bersama dalam mewujudkan keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin. Dirgahayu PKK, hidup dan jayalah PKK,” pungkasnya.

Puncak peringatan HKG ke 52 Tahun 2024 di Kota Probolinggo dirangkai dengan beragam kegiatan. Diantaranya  Bazaar Warung PKK, Posbindu Ceria bersama UPTD Puskesmas Kanigaran, paduan suara, dan penyerahan hadiah lomba Evaluasi Kelurahan Berhasil dan Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK bagi Kelurahan Wiroborang Kecamatan Mayangan, Kelurahan Pilang Kecamatan Kademangan dan Kelurahan Kanigaran Kecamatan Kanigaran.

Partisipasi dan dukungan juga datang dari lintas sektor, diantaranya seperti Bank Jatim Probolinggo, PT. Moringa Good, PT. Pegadaian, PT PAI dan PT. Juragan 99.

Juga digelar Seminar Great Communication Dan Self Confidence dengan menggandeng narasumber Psikolog sekaligus Ketua DPD Indonesian Professional Speakers Association (IPSA) dr. Bawinda Lestari. (es/dp)

BAGIKAN