Momen Tahun Baru Islam, Pemkot-Baznas Gelar Khitan Massal

2024

MAYANGAN - Pj. Wali Kota Probolinggo Nurkholis menghadiri acara Khitan massal di RSUD dr Moh Saleh, Kamis (11/7). Acara yang terselenggara kerjasama dengan Baznas ini dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H.

Nurkholis mengapresiasi giat ini sebagai acara yang bisa dimanfaatkan semua masyarakat Kota Probolinggo. "Saya berharap masyarakat bisa memanfaatkan khitan massal ini dengan sebaik-baiknya. Dan bagi adik-adik nanti setelah dikhitan, semoga lekas sembuh dan menjadi anak yang saleh," harap Nurkholis.

Sekitar 100 peserta mengikuti acara tersebut, usianya beragam dari 1 hingga 13 th. Acara ini disambut baik dan bahagia oleh para orang tua peserta. Menurut mereka, khitan massal ini bisa meringankan biaya untuk berkhitan.

Seperti yang disampaikan salah satu orang peserta, Vira dari Kedopok. "Saya begitu senang dengan adanya acara ini karena saya bisa mengalihkan biaya Khitan anak saya ke biaya sekolahnya yang tahun ini kebetulan anak saya masuk ke sekolah dasar," ujar Vira

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Pemkot, RSUD dan Baznas yang sudah mengadakan acara ini, berharap tahun depan dan selanjutnya kegiatan serupa bisa digelar lagi sehingga banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya.

Ketua Baznas Kota Probolinggo Hakimuddin menuturkan bawasannya acara khitan massal ini adalah kali ke tiga yg dilaksanakan pada 1 Muharram tahun ini.

"Momen liburan sekolah kami manfaatkan dan sudah kami siapkan sehingga nantinya tidak mengganggu pembelajaran di sekolah, harapannya saat masuk sekolah kondisi anak-anak sudah mulai membaik," ujarnya.

Ke depannya Baznas akan melakukan acara yang sama demi bisa menjangkau semua anak-anak di Kota Probolinggo untuk berkhitan yang menjadi salah satu bentuk ketaatan umat muslim, sehingga meringankan orang tua dalam hal pembiayaan.

Sebanyak 20 lebih petugas disiapkan dalam khitan massal ini mulai dari dokter spesialis urologi, 12 operator, asisten, hingga dokter muda.

Sepulang khitan, seluruh peserta juga menerima uang saku, hingga bingkisan berupa baju koko, sarung, snack dan makan siang. (vv/pin)

BAGIKAN