Monitoring Aku Hatinya PKK, Dewi Maharani Panen Hasil Pertanian di Lima Kelurahan

2024

WONOASIH - Yel-yel motivasi semangat PKK menggema menyambut kedatangan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Dewi Maharani Nurkholis di Kantor Kelurahan Pakistaji Kecamatan Wonoasih, Jumat (16/8) pagi. Agendanya adalah monitoring program Aku Hatinya PKK Tahun 2024 di 5 lokasi. Diantaranya, Kelurahan Pakistaji, Kelurahan Jrebeng Lor, Kelurahan Wiroborang, Kelurahan Pilang dan Kelurahan Curahgrinting.

Pada lokasi pertama monitoring, Dewi Maharani meninjau hasil pemanfaatan pekarangan Kantor Kelurahan Pakistaji. Sekaligus, memanen beberapa hasil budidaya pertanian dari Kader PKK kelurahan setempat, antara lain kencur, kunyit, bayam hijau dan bayam merah. Juga diserahkan aneka bibit sayuran dari program Kuliah Kerja Nyata mahasiswa Institut Ahmad Dahlan kepada Pj Ketua TP PKK untuk ditanam kembali oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Sumber Barokah dan Kader PKK Kelurahan Pakistaji.

Di sela agenda ramah tamah, Dewi Maharani menyampaikan terima kasih atas dedikasi para kader dalam merawat dan menjaga tanaman di taman Aku Hatinya PKK. Penjabat Ketua TP PKK Kota Probolinggo itu juga berpesan agar tetap menanam aneka tanaman obat untuk melengkapi kebutuhan keluarga sehari-hari.

“Karena berguna kan, untuk keluarga untuk sekitar, mungkin kayak tadi, ada jahe, ada kencur, yang kita sering gunakan sehari hari harus ada sebetulnya, kalau batuk ada jahe ada serah. Sekali lagi, matur nuwun sudah dijaga tamannya,” terang istri Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis itu.

Di Kelurahan Jrebeng Lor, Dewi Maharani kembali disambut hangat oleh anggota kader TP PKK kelurahan yang berada di wilayah Kecamatan Kedopok itu. Ketua TP PKK, didampingi Ketua TP PKK Kelurahan setempat, memanen sayur kangkung, tomat, dan sawi di taman Aku Hatinya PKK. Setelah panen, Dewi Maharani, yang juga Bunda PAUD Kota Probolinggo, menyapa dan menyerahkan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbasis pangan lokal kepada balita dan anak-anak.

Berikutnya adalah giliran taman Aku Hatinya PKK Wirohesa di Kelurahan Wiroborang. Di taman yang cukup luas itu beragam sayur seperti terong, cabai, sawi, kucai, bayam brazil dan bawang prei tumbuh dengan subur serta hijau. Tak berbeda juga dengan taman Aku Hatinya PKK di Kelurahan Pilang.

Sementara itu di lokasi terakhir, Kelurahan Curah Grinting, Penjabat Ketua TP PKK Dewi Maharani memanen sayur kembang kol dengan ukuran yang cukup besar, menyerahkan bantuan bibit dan pupuk kepada KWT Elwardah serta beraudiensi dengan para kader. Di sana Dewi Maharani juga berkesempatan untuk memotong tumpeng sebagai tanda syukur perayaan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia.

Usai mengunjungi taman Aku Hatinya PKK di 5 kelurahan terpilih, Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo mengaku senang dan bangga dengan perkembangan positif dari hasil taman Aku Hatinya PKK di masing-masing kelurahan. “Alhamdulilah senang banget ya, ibu-ibu kader ini semangat untuk merawat taman Aku Hatinya PKK, ada sayur, ada buah, ada tanaman toga untuk kesehatan keluarga. Dan hari ini cukup senang melihatnya karena dengan terus berkembang ada yang bisa dijual dengan hasil panennya. Jadi saya berharap ini terus dikembangkan dan mudah-mudahan pemerintah juga Insya Allah semakin mensupport,” jelas Dewi Maharani juga menjadi Penjabat Ketua Dekranasda Kota Probolinggo itu.

Diketahui, monitoring taman Aku Hatinya PKK ini merupakan agenda rutin 3 bulanan yang dilaksanakan oleh Pokja 3 Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo. Tujuannya untuk memantau kelestarian dan perkembangan tanaman yang dibudidayakan kader PKK masing-masing kelurahan. (dp/pin)

BAGIKAN