Peluncuran Tahapan Pilwali Kota Probolinggo 2024, Partisipasi Masyarakat Jadi Perhatian Pj Wali Kota Probolinggo

2024

MAYANGAN—Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis menghadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo tahun 2024 yang bertempat di Alun-alun, Minggu (9/6) malam.

Dalam sambutannya, Nurkholis mengapresiasi tahapan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 di Kota Probolinggo berlangsung aman dan damai. Tentunya hal ini tidak lepas dari persiapan dan kesiapan yang baik oleh para penyelenggara Pemilu, KPU dan Bawaslu serta jajaran di bawahnya. Dukungan penuh juga dari pihak keamanan TNI/Polri, support yang luar biasa dari Pemerintah Kota Probolinggo, serta koordinasi dan kerjasama yang baik oleh partai politik peserta Pemilu serta para calon anggota legislatif.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Probolinggo. 86,7 persen tingkat partisipasi dalam Pilpres dan Pileg yang lalu. Mudah-mudahan ke depan saat pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur semakin lebih banyak lagi,” ujarnya.

Peluncuran tahapan malam ini menjadi tonggak dimulainya tahapan Pilkada. Nurkholis berharap kompetisi lima tahunan ini akan diwarnai dengan adu gagasan antar calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo, bukan hanya sekedar adu pencitraan diri. Sehingga tahapan dan kegiatan Pilkada ke depan dapat berjalan dengan lancar, sukses, aman dan kondusif.

“Ketua dan anggota KPU Kota Probolinggo periode 2019-2024 akan purna sebentar lagi, tinggal 2 hari lagi. Terima kasih telah memberikan warna positif dan warisan yang baik selama menjadi komisioner. Semoga pengabdian ini dapat diteruskan untuk menyukseskan Pilkada kedepan,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Dandim 0820, Letkol Arm. Heri Budiasto yang berharap masyarakat Kota Probolinggo ikut mengawal dan peduli dalam setiap proses pelaksanaan pemilihan Wali Kota dan Wakil Walikota Probolinggo Tahun 2024.

“Melalui peluncuran tahapan malam ini, saya berharap seluruh masyarakat Kota Probolinggo ikut mengawal dan peduli dalam setiap proses pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo, agar dapat berlangsung dengan sukses. Karena ini untuk memilih pemimpin kita 5 tahun ke depan yang dapat membawa Kota Probolinggo menjadi kota yang benar-benar kita dambakan,” terangnya.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani juga mengatakan, kesuksesan sebuah pesta demokrasi terletak pada 2 hal. Yaitu, perhelatan yang berjalan dengan aman dan kondusif serta tingkat partisipasi pemilih yang tinggi.

“Saya berharap partisipasi masyarakat Kota Probolinggo bisa meningkat. Tidak ada alasan untuk tidak memilih. Mari kita sukseskan bersama-sama Pemilukada nanti dengan bersama-sama mencoblos di tanggal 27 November mendatang,” tandasnya.

Sementara, Ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri mengungkapkan 178.502 pemilih di Kota Probolinggo telah membuktikan diri sebagai warga yang cerdas dan berkualitas dengan ikut berkontribusi aktif dalam Pilpres dan Pileg 2024 yang lalu. Ia berharap akan terjadi pada Pilkada di bulan November mendatang.

“Ini akan menjadi tantangan bagi kita warga masyarakat Kota Probolinggo untuk tetap menjaga kekondusifan, kecerdasan mental dan intelektual serta rasional dalam mengikuti kontestasi politik dan demokrasi terutama pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo bersama-sama dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur,” ungkapnya.

Jika tahun 2018 lalu angka partisipasi masyarakat Kota Probolinggo yang menggunakan hak pilihnya sebesar 79 persen, tentu harapannya di Pilkada 2024 mendatang akan melebihi setidaknya dari target nasional sebesar 77 persen.

“Pada Pilpres dan Pileg kemarin angka partisipasi masyarakat Kota Probolinggo 86 persen, harapannya di Pilkada 2024 ini selain melampaui target nasional, setidaknya juga melampaui prestasi kontribusi positif warga Kota Probolinggo pada Pilkada yang akan datang,” urainya.

Hudri juga mengatakan, warga Kota Probolinggo memiliki potensi yang besar untuk berkembang dan turut serta di dalam membangun demokrasi yang sehat. Oleh karena itu di Pilkada 2024 ini, ia berharap masyarakat Kota Probolinggo tetap menjaga kekondusifan, kedamaian dan kerukunan sebagaimana yang ditunjukkan pada Pilkada 2018, Pemilu 2019 dan Pemilu 2024 ini.

Acara peluncuran tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo 2024 ditutup dengan penampilan artis Suliyana, Vinoqi Entertainment dan seni musik tradisional Da’ul Lake’ untuk menghibur masyarakat Kota Probolinggo. (mir/pin)

BAGIKAN