Pembaruan Data Secara Rutin Dinilai Penting untuk Tunjang Pembangunan Kota

2024
Pj Wali Kota Probolinggo : "Saya minta data dinamis semua sektor di update tiap minggu"

 

KANIGARAN - Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Probolinggo, bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika setempat, menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) pada Rabu (21/2) pagi di Puri Manggala Bhakti. Diskusi tersebut membahas mengenai penyusunan Kota Probolinggo Dalam Angka serta Pembinaan Statistik Sektoral Tahun 2024.

Pj Wali Kota Nurkholis yang membuka acara itu menilai peran pembaruan data sangatlah penting untuk menunjang pembangunan kota. Menurutnya, setiap laporan terkait pembangunan haruslah berdasarkan data.

“Begitu pentingnya data itu, artinya membantu wali kota maupun Pj wali kota harus ada data yang dinamis serta diupdate setiap minggunya. Tidak hanya berlaku untuk inflasi saja, karena jika kita ngomong (update data, Red) ini bisa berdasarkan data,” ucap Nurkholis.

Untuk itu menunjang hal tersebut, Nurkholis meminta kepada Dinas Kominfo selaku wali data bisa merealisasikan itu. “Perkembangannya akan terus berjalan, karena semua untuk kepentingan kita, untuk Kota Probolinggo yang lebih baik,” perintahnya.

Selanjutnya, Kepala BPS Mouna Sri Wahyuni mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah memberikan support  dalam pelaksanaan acara yang mengusung tema "Membangun Statistik Sektoral Berkualitas Menuju Satu Data Indonesia", 

Kepala BPS menambahkan jika tujuan FGD ini guna mempercepat proses pengumpulan data serta penyampaian publikasi. Sebagai bentuk apresiasi, pihaknya memberikan piagam penghargaan kepada empat kepala perangkat daerah Kota Probolinggo yang dinilai berprestasi.

Diantaranya adalah Kepala Dinas Ketahanan, Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) sebagai Perangkat Daerah Terpilih dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (PSS) Tahun 2023, selanjutnya untuk Kepala Dispendukcapil sebagai Perangkat Daerah Terbaik pada Pelaporan Metadata Tahun 2021-2023. Kemudian untuk Kepala Disperinaker sebagai Kontributor Data Terbaik dalam Penyusunan Publikasi Kota Probolinggo Dalam Angka 2024, terakhir untuk Kepala Diskominfo sebagai Perangkat Daerah Teraktif dalam Penyelenggaraan Statistik Sektoral Kota Probolinggo tahun 2023.

FGD ini menghadirkan dua narasumber, yakni dari Kepala Diskominfo Aman Suryaman serta Ketua Tim Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Kota Probolinggo Yovita Kenyo Widiastuti. Sejumlah 68 peserta yang mengikuti diantaranya, perangkat daerah pemkot, BUMN serta instansi vertikal di Kota Probolinggo. (dy/dp)

BAGIKAN