Pemkot-Baznas Kota Probolinggo Salurkan Bantuan Kursi Roda bagi Penyandang Disabilitas

2024

KEDOPOK - Pemerintah Kota Probolinggo kembali menggandeng Baznas setempat menyalurkan bantuan kepada warga yang membutuhkan. Kali ini, warga Jrebeng Lor yang juga penyandang disabilitas, Malik (39), mendapatkan bantuan berupa kursi roda dan sembako senilai Rp 3.280.000. Bantuan tersebut diberikan langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Probolinggo Nurkholis dan Ketua Baznas Hakimmudin pada Senin Sore (22/7) di rumah Malik.

Pj Nurkholis yang didampingi oleh Camat Kedopok dan Lurah Jrebeng Lor mengatakan program yang dikemas dengan nama Program Probolinggo Peduli ini sepenuhnya hasil kolaborasi antara Pemkot Probolinggo dan Baznas setempat.

“Baznas merupakan mitra Pemkot Probolinggo dalam hal pengelolaan zakat penghasilan dari ASN di lingkungan pemkot. Agar lebih berkah, bermanfaat, dan ngalir pahalanya jadi kita salurkan lewat program-program bantuan seperti ini,” ucap Nurkholis.

Pria asal Banyuwangi ini juga menambahkan bahwa warga Kota Probolinggo yang membutuhkan bantuan silahkan menghubungi ketua RT/RW terdekat yang nantinya akan diajukan ke Baznas.

Menanggapi hal tersebut, Hakimmudin, Ketua Baznas Kota Probolinggo menjelaskan bahwa bantuan yang diberikan oleh Baznas bersifat kapan saja dan sesuai kebutuhan. “Sifatnya insidentil, setiap ada permintaan, kami akan semaksimal mungkin mencukupi sesuai kebutuhan penerimanya, semoga bantuan kali ini sangat bermanfaat bagi mas Malik,” jelasnya.

Ibu Malik, Kasiyati mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemkot Probolinggo dan Baznas. Dirinya menceritakan bahwa anaknya telah mengalami lumpuh di seluruh tubuhnya sejak 2015 lalu karena kecelakaan kerja.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Pj Wali Kota yang datang langsung memberikan bantuan ini. Sudah 9 tahun, ini pertama kali kami menerima bantuan. Pertama dari RT yang tanya, lalu RT mengajukan ke kelurahan. Terima kasih banyak, ini sangat membantu,” ucap Kasiyati terharu.

Karena kondisinya, Baznas memberikan Kursi Roda 3 in one, yaitu kursi roda yang mempunyai sejumlah keunggulan . Untuk sembako, Baznas memberikan 25 kg beras, 2 liter minyak, dan 1 karton mie instan. (sit/pin)

BAGIKAN