Pemkot Bekali ASN Bimtek Penyusunan Dokumen Penelitian

2024

KANIGARAN - Guna meningkatkan kemampuan para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menyusun laporan penelitian, Selasa (23/7) pagi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) menggelar bimbingan teknis di Puri Manggala Bhakti. Mengusung judul kegiatan Tata Cara Penyusunan Dokumen Penelitian Bagi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkot, menghadirkan narasumber dari Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Jawa Timur Prof. Dr. Irtanto.

Membuka bimtek, Penjabat Wali Kota Nurkholis mengatakan bahwa kegiatan pendampingan teknis ini penting bagi para ASN. Sebab diakui olehnya, format dokumen penelitian maupun dinas di lingkungan pemkot masih belum baku.

“Karena dari masing-masing kita, kadang-kadang ketika membuat dokumen kurang baku, jangankan dokumen, namanya nota dinas saja kadang-kadang juga berbeda meskipun sudah ada panduannya,” jelas Nurkholis

Oleh karena itu, agar materi dapat dipahami, Nurkholis meminta kepada peserta supaya mengikuti bimtek dengan saksama. “Agar tahu dan paham, jadi tolong itu nanti Bapak Ibu sekalian diperhatikan dengan baik apa yang disampaikan oleh narasumber,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Litbang Diah Sajekti Widowati Sigit menyampaikan selain bertujuan untuk memberikan ilmu kepenulisan, melalui bimtek ini diharapkan pada tahap berikutnya ASN pemkot juga bisa menyusun dokumen penelitian yang berkualitas.’’Agar peserta dapat menyusun dokumen penelitian yang berkualitas sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” harap Kepala Bappeda Litbang itu di depan puluhan peserta bimtek.

Adapun narasumber dari Brida Provinsi Jawa Timur menerangkan materi tentang penulisan karya tulis ilmiah sesuai dengan Permendagri Nomor 17 Tahun 2016. Menurutnya, seluruh dokumen dalam RPJP, RPJMN, RKP dan berbagai dokumen pembangunan daerah haruslah berdasarkan riset iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi). Yakni yang berbasis bukti, akurat, terukur dan dapat diimplementasikan

“Oleh karena itu hasil riset ini jadi hal yang penting dalam pengambilan keputusan di OPD-OPD di daerah. Kajian, penelitian dan pengembangan itu termasuk di dalam riset,” terang Prof. Dr Irtanto itu. 

Hadir pula dalam pembukaan acara bimtek, Sekretaris Daerah drg. Ninik Ira Wibawati, asisten dan kepala perangkat daerah di lingkup Pemkot Probolinggo. (dp/pin)

BAGIKAN