Pemkot Probolinggo Gelar Penandatanganan Adendum NPHD dengan Bawaslu Kota Probolinggo

2024

KANIGARAN - Jum’at (31/5) Pemerintah Kota Probolinggo menyelenggarakan Penandatanganan Adendum Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) terkait Penyelenggaraan Pengawasan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo tahun 2024. Acara yang dimulai pada pukul 15.30 WIB tersebut diselenggarakan di Command Center kantor wali kota setempat dan dihadiri oleh Sekda drg. Ninik Ira Wibawati, Asisten Pemerintahan Madihah, kepala perangkat daerah terkait dan jajaran Forkopimda. Acara penandatanganan ini dilakukan oleh Kepala Bakesbangpol Muhammad Sonhadji dan Ketua Bawaslu Johan Dwi Angga disaksikan Penjabat Wali Kota Nurkholis.

Dalam addendum tersebut mengatur penambahan tentang perubahan atas pelaksanaan dana hibah Penyelenggaraan Pengawasan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo tahun 2024. Semula dana hibah sebesar Rp. 4.715.559.500 pada tahap 1, kemudian dilakukan pencairan tahap 2 sebesar Rp. 691.493.500, sehingga totalnya adalah Rp. 5.407.053.000.

Sebagaimana dikatakan oleh Kepala Bakesbangpol M. Sonhadji dalam laporannya, pendanaan Pemilukada ini sedianya dapat dituntaskan minimal enam bulan sebelum pelaksanaan pemilihan dapat dicairkan.

Sementara itu, Pj Nurkholis dalam sambutannya mengucapkan rasa leganya karena telah memenuhi proses perubahan dana hibah tersebut. “Artinya kami ini berproses, ini bagian dari tugas kami untuk membantu, karena salah satu tugas penjabat wali kota adalah menyiapkan terkait dengan Pemilukada. Saya harap apa yang dibantu oleh Pemkot ini bisa bermanfaat untuk teman-teman Bawaslu dalam rangka pelaksanaan jalannya Pemilukada,” terang Nurkholis.

Di akhir sambutannya, ia berpesan kepada Ketua Bawaslu untuk tetap menjalin kerja sama dengan Bakesbangpol dan jajaran Forkopimda. “Jenengan sering serawung bisa melibatkan dengan Pak Kapolres, Pak Dandim, Pak Kajari, sehingga kalau di belakang hari ada apa-apa bisa dikomunikasikan lagi,” tutupnya.

Ditemui usai acara, Ketua Bawaslu Angga mengucapkan rasa terima kasihnya “Alhamdulillah setelah kita melakukan review bareng-bareng, dapat tambahan dan cukup bagi kami untuk dapat melaksanakan tahapan kegiatan pengawasan Pilkada. Jadi, kami bersyukur sudah dapat tambahan seperti itu. Semoga Pilkada nanti bisa berjalan dengan kondusif dan lancar,” ucapnya.

Tak hanya itu, Johan bersyukur saat ini pihaknya memiliki gedung kantor dengan status pinjam pakai dari Pemkot Probolinggo. “Selatannya Satlantas kota di Kademangan, dulu bekas UPTD Kademangan,” pungkasnya. (dy/uby)

BAGIKAN