Penghujung Muharam, 1200 Anak Yatim Terima Santunan

2024

KANIGARANMasih dalam rangka Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, Minggu (4/8), digelar Santunan 1200 Anak Yatim. Dengan rincian, 1.000 anak yatim di GOR Ahmad Yani dan 200 anak yatim di Masjid Al-Hidayah Kodim 0820 Probolinggo.

Dalam kesempatan ini, Pj. Wali Kota Probolinggo Nurkholis menekankan pentingnya bagi kita yang berada ini wajib berbagi kepada fakir miskin dan anak yatim.

"Saat ini lebih dari 4000 yang kita salurkan kepada anak yatim, padahal jumlah anak yatim di Kota Probolinggo yang (usianya) sebelas tahun ke bawah sekitar 900 orang. Jadi memang setiap hari kami keliling dari kampung ke kampung, RT - RW sampai kecamatan untuk berbagi. Kalau ada yang dobel tidak mengapa karena ini Lebaran Anak Yatim. Kepada kaum dhuafa lebih 4000 juga, total yang sudah dikeluarkan Baznas sekitar Rp 1,8 Milyar," jelasnya.

Lebih lanjut orang nomor satu di Kota Probolinggo meminta doa kepada anak yatim yang hadir, untuk Kota Probolinggo. "Mudah - mudahan yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi kita semua, bagi anak yatim dan kaum dhuafa. Pada kesempatan yang baik ini kami Pemerintah Kota Probolinggo minta doanya, karena doa anak yatim ini sangat mujarab dan diijabah oleh ALLAH SWT. Mudah - mudahan Kota Probolinggo dikasih aman, tentram, gimah ripah loh jinawih, tidak ada gangguan apapun, Aamiin," harapnya.

Dalam laporannya Ketua  BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kota Probolinggo Hakimuddin menjelaskan biaya penyaluran untuk Santunan 1000 Anak Yatim dalam rangka Lebaran Yatim Piatu Bersama ASN Kota Probolinggo sebesar Rp 250.000.000 dari Baznas Kota Probolinggo.

"Rinciannya Kecamatan Mayangan sebanyak 261 anak, Kanigaran 245 anak, Kedopok 162 anak, Wonoasih 165 anak, dan Kademangan 167 anak. Semoga bisa meringankan kebutuhan hidup anak yatim dan berbagi ceria para anak yatim bersama ASN kota Probolinggo," ujarnya.

Sementara itu Neni Khorimah (42) warga Pakistaji, salah seorang Ibu yang mengantar anaknya Chandra Septiawinata (7), mengaku senang dengan adanya kegiatan santunan ini. "Senang dapat santunan karena bisa membantu untuk kebutuhan anak. Ini sudah tahun ketiga anak saya menerima santunan sejak ditinggal ayahnya, di kelurahan juga dapat. Semoga selalu ada santunan untuk anak yatim," harapnya.

Acara dirangkai dengan Istighosah, Pembacaan Ayat Suci Al - Qur'an oleh Elziandru Kanzuno Aldebaran Pemenang Lomba MTQ Juara 1 Tilawah Anak - Anak Putra, Penyerahan Santunan Anak Yatim Secara Simbolis, dan Doa Bersama. Turut hadir sejumlah anggota Forkopimda, Sekdakot Ninik Ira Wibawati, para asisten dan staf ahli, Plt. Kepala Kemenag Kota Probolinggo, kepala perangkat daerah terkait hingga camat dan lurah se-Kota Probolinggo. (crl/pin)

BAGIKAN