Peringatan Hari Krida Pertanian ke-52, Beragam Inovasi dan Produk Ditampilkan

2024

KANIGARAN - Bertempat di halaman Markas Komando Distrik (Kodim) 0820 Probolinggo, Pelatihan Pasca Panen Tanam Hortikultura, Kontes Tabulampot Anggur, Gelar Potensi dan Olahan Produk Unggulan Pertanian dalam rangka Hari Krida Pertanian Ke-52 Tahun 2024 yang berlangsung mulai tanggal 4-5 Juli 2024 resmi ditutup, Kamis (4/7).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Probolinggo bekerjasama dengan Kodim 0820 Probolinggo dan mitra kerja pertanian ini berjalan lancar dan sukses. Terhitung sebanyak 400 orang berpartisipasi dalam acara, terdiri dari 70 kelompok tani, 52 kelompok wanita tani, 50 peserta kontes tabulampot anggur, Gapoktan se-Kecamatan Kota Probolinggo, serta supporting dari Komunitas Pembudidaya Anggur Probolinggo (Kopling).

Pj. Wali Kota Nurkholis menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut, “Saya yakin pertumbuhan ekonomi di Kota Probolinggo akan bergerak naik. Dan ketahanan pangan di Kota Probolinggo cukup kalau dilihat dari berbagai inovasi dan produk yang dipamerkan dari masing-masing kecamatan. Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Dandim yang senantiasa semangat membina petani-petani anggur,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Nurkholis bahkan memperkenalkan salah satu pemuda berprestasi, Agus Malik kepada para tamu undangan. Ia adalah 1 dari 55 besar Brand Ambassador Agrikultur se-Indonesia yang berhasil mengembangkan Melon Hidroponik di Kota Probolinggo.

Menguatkan apa yang disampaikan Pj Nurkholis, Dandim 0820 Letkol Arm. Heri Budiasto selaku Pembina Komunitas Pembudidaya Anggur Probolinggo (Kopling) menyatakan komitmennya untuk bersama-sama mendukung ketahanan pangan di Kota Probolinggo.

“Ini salah satu bentuk bahwa Kodim 0820 itu ada dan bisa berada ditengah-tengah masyarakat Kota Probolinggo. Tidak hanya mengurusi ketahanan nasional, tapi juga ketahanan pangan, di situ ada pembudidayaan anggur, mangga, dan lain sebagainya,” ujarnya.

Heri Budiasto menambahkan, Kota Probolinggo perlu mengembangkan Dodol Anggur sebagai ciri khasnya, seperti halnya daerah lain yang memiliki oleh-oleh khas Dodol. Ia dan sang istri bahkan memesan secara khusus Dodol Anggur kepada UMKM Kota Probolinggo sebagai oleh-oleh untuk tamu yang berasal dari luar daerah.

Sementara itu, Kepala DKPPP Kota Probolinggo Aries Santoso mengatakan pada bulan Oktober mendatang akan digelar Festival Mangga dan Anggur di Kota Probolinggo. “Semoga nantinya Kota Probolinggo memiliki agro wisata anggur yang layak sebagai destinasi wisata,” ungkapnya.

Acara ini dihadiri Pj. Ketua TP-PKK Kota Probolinggo Dewi Maharani Nurkholis, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang XXXIV Ny. Wira Heri Budiasto, Wakapolresta Probolinggo, para staf ahli, asisten dan kepala perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, Camat se-Kota Probolinggo, Kepala BPS Kota Probolinggo, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pasuruan, Perwakilan Bank Indonesia Malang, serta Mitra Kerja DKPPP Kota Probolinggo.

Di akhir acara, kegiatan juga dimeriahkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang kontes, penyerahan Sertifikat Pengukuhan Komunitas Kota Probolinggo, dan Penyerahan BPJS Ketenagakerjaan untuk Kelompok Tani yang meninggal dunia.

Mochammad Taufik (25), pemenang Kontes Tabulampot Anggur asal Kanigaran mengaku bangga bisa menang dalam kontes ini. “Bahagia bisa menang kontes karena gombolan anggur saya banyak. Ini Anggur Baikonur New dari Ukraina,”, ujarnya. (crl/uby)

BAGIKAN