Peringati Hari Koperasi, Ribuan Peserta Gowes Bareng Pj. Wali Kota

2024

MAYANGAN - Ribuan peserta gowes, Jumat (5/7), memadati alun - alun sebagai start terselenggaranya Gowes Bareng Pj. Wali kota Probolinggo dalam rangka Hari Koperasi ke-77 Tahun 2024 yang digelar Dinas Koperasi Usaha Mikro & Perdagangan (DKUP) Kota Probolinggo.

Giat ini merupakan serangkaian event Seminggu di Probolinggo (SEMIPRO) 2024. Acara pagi tadi dilepas oleh Pj. WaliKota Probolinggo yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Probolinggo drg Ninik Ira Wibawati. Nampak hadir dalam kegiatan antara lain Forkopimda, para asisten & staf ahli, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Probolinggo, gerakan koperasi, sekolah, komunitas gowes & masyarakat.

Disiapkan ratusan doorprize menarik dengan hadiah utama sebuah sepeda listrik, sepeda gunung, kulkas, televisi, mesin cuci dan masih banyak lagi.

“Alhamdulillah pagi ini kita bisa gowes bareng dengan ribuan masyarakat untuk memperingati Hari Koperasi tahun ini. Jadi tidak hanya menggaungkan hidup sehat, kita juga ingin menggaungkan koperasi sebagai sebuah wadah untuk mensejahterakan masyarakat,” ujar Pj. Nurkholis pagi tadi.

Menempuh jarak sepanjang 7 Km dengan rute start dari alun-alun di Jl A. Yani, rombongan gowes menuju ke arah ke barat, melintasi sepanjang Jalan Panjaitan - Jalan Soekarno Hatta - Jalan Supriyadi – Jalan Gubernur Suryo - Jalan Cokroaminoto - Jalan Pahlawan - Jalan Suroyo, hingga berakhir di alun-alun depan Stasiun Probolinggo.

Peserta gowes Ahmad Ibrohim (71) warga Sukoharjo begitu antusias selama acara berlangsung. Menurutnya, menjadi kesenangan tersendiri bisa gowes bareng-bareng. "Saya sangat bahagia bukan karena hadiah yang disiapkan panitia tapi lebih dari itu kita bisa mendapatkan kesehatan. Setiap ada acara seperti ini saya usahakan selalu ikut," tuturnya.

Mantan atlet lari di era 80-an tersebut rela tidak kebagian kupon hadiah. Seribu kupon ludes karena banyaknya peserta yang berpartisipasi tidak hanya dari warga Kota Probolinggo saja tapi hingga warga kabupaten pun tak ketinggalan.

Hadiah utama sepeda listrik persembahan dari Dekopinda yang diserahkan langsung oleh Pj. Wali kota Probolinggo Nurkholis didapatkan oleh Imam Junaidi warga Kabupaten Probolinggo.

Pria berusia 72 tahun tersebut mengaku senang sekali dengan hadiah yang diterimanya. "Alhamdulillah saya begitu senang sekali bisa mendapatkan sepeda listrik dan bersyukur tidak sia-sia saya berangkat gowes dari rumah di daerah Tegalsiwalan ke alun-akun kota Probolinggo untuk mengikuti acara ini berasama komunitas gowes saya," ujarnya bahagia.

Ditemui di akhir acara Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Fitriawati menyampaikan maksud tujuan terselenggaranya acara. "Kami menggelar acara yang seperti ini adalah selain untuk mengajak masyarakat hidup sehat, kami juga ingin memasyarakatkan koperasi untuk kesejahteraan anggotanya," tutur Fitri.

Diketahui koperasi di Kota Probolinggo sudah mulai menuju koperasi yang sehat dengan memenuhi legalitas usaha hingga laporan keuangan yang baik dan lain sebagainya. Upaya DKUMP akan memberikan pendampingan dan mengadakan pelatihan-pelatihan.

Sebagai rangkaian Hari Koperasi kali ini, juga digelar lomba fashion show yang bekerjasama dengan perajin batik untuk mempromosikan batik kota Probolinggo. Dalam acara juga dihadirkan stand UDD PMI untuk pelayanan cek up kesehatan gratis seperti tensi darah, saturasi oksigen dan cek Hb, serta pelayanan donor darah. (vv/pin)

 

BAGIKAN