Pertama Kali, Festival Musik Pelajar Tampil di Peringatan Hari Jadi Kota Probolinggo Ke-665

2024

Mayangan - Memasuki hari ketujuh semarak Hari Jadi Ke-665 Kota Probolinggo, Jumat (6/9) digelar Festival Musik Pelajar SMP, SMA/SMK di panggung utama Alun- Alun Kota Probolinggo yang berlangsung sejak sore hingga malam hari.

Pj. Wali Kota Probolinggo Nurkholis turut memberikan dukungan dan apresiasinya kepada para siswa yang dinilai memiliki bakat luar biasa dalam festival malam itu.

"Banyak bakat yang luar biasa dari teman-teman SMP, SMA, dan SMK yang ada di Kota Probolinggo. Bagus, ada lagu daerah yang dilombakan juga. Kalau tidak ada kompetisi begini kita tidak bisa mengukur dan tidak ada semangat untuk lebih baik lagi. Ini merupakan ajang untuk memicu teman-teman yang punya bakat dalam mengembangkan potensi mereka di dunia musik," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo Siti Romlah menjelaskan bahwa festival musik pelajar ini pertama kali digelar dalam peringatan Hari Jadi Kota Probolinggo, yaitu  untuk memfasilitasi dan memberi wadah kepada siswa dalam mengembangkan bakat seni mereka, khususnya di bidang musik.  

"Festival Musik Pelajar ini baru pertama digelar, kalau yang tahun lalu lomba band. Karena memang dari Kementerian Pendidikan dan Provinsi untuk festival lomba seni yang ada itu antara lain menyanyi solo, melukis dan lain-lain, sehingga anak yang memiliki bakat dan keunikan perlu kita wadahi untuk berkreasi dan terarah pada hal-hal yang positif, salah satunya bakat seni musik, dan ini juga salah satu wujud Karya Merdeka Belajar," terangnya.

Lebih lanjut, Romlah berharap melalui Festival Musik Pelajar ini anak-anak sekolah dapat mengembangkan bakatnya dan saling berkolaborasi. "Anak-anak ini bertemu dengan sekolah lain, sehingga bisa saling belajar dan berkolaborasi. Untuk lagu yang dilombakan juga ada lagu daerah dan musik kontemporer yang dikombinasikan dengan musik Kenong Telok, Gamelan, dan lainnya, dengan harapan generasi muda turut melestarikan budaya lokal dan budaya nusantara. Kedepan Festival Musik Pelajar ini akan terus digelar setiap tahunnya dalam kemeriahan Hari Jadi Kota Probolinggo," pungkasnya.

Festival Musik Pelajar memperebutkan The Best Performance (3 Group), The Best Vokalis, The Best Gitaris, dan The Best Drummer. Masing- masing mendapatkan Trophy Penghargaan, Sertifikat Wali Kota, dan Uang Pembinaan.

Turut hadir Sekda Kota Ninik Ira Wibawati, kepala perangkat daerah, camat, dan lurah di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.  Acara juga dimeriahkan dengan penampilan Duta GenRe (Generasi Berencana) Kota Probolinggo tahun 2024. (crl/uby)

BAGIKAN