Pj. Nurkholis Serahkan JKM kepada Ahli Waris Ketua RW 5 Kelurahan Pilang

2024

Kademangan - Pj. Wali Kota Nurkholis menyerahkan secara simbolis santunan kematian sebesar Rp.42 juta kepada ahli waris Alm. Sulis Riyanto, Ketua RW 5 Kelurahan Pilang Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo di Rusunawa Brantas, Kamis (5/9) siang. Santunan tersebut diterima langsung oleh istri almarhum.

Pada kesempatan itu, Pj. Nurkholis menyampaikan bela sungkawa dan apresiasi atas pengabdian almarhum kepada masyarakat selama ini. 

"Kami menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya almarhum dan berterima kasih atas pengabdiannya kepada masyarakat selama ini sebagai Ketua RW, semoga amal ibadah almarhum diterima Allah SWT. Dan ibu sekeluarga diberikan keikhlasan, amin,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kota Probolinggo itu mengatakan bahwa Pemerintah Kota Probolinggo selalu berusaha  melindungi masyarakat, salah satunya melalui progam BPJS Ketenagakerjaan termasuk JKM (Jaminan Kematian), "Kita berusaha hadir untuk memberikan jaminan keselamatan kerja kepada masyarakat Kota Probolinggo termasuk santunan kematian untuk RT-RW dan lainnya. Semoga santunan yang diberikan kepada ahli waris pak Sulis Riyanto ini bisa meringankan beban keluarga almarhum," harapnya.

Hal senada disampaikan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Probolinggo, Lesmana Dwi Putra yang turut mendampingi Pj. Nurkholis. Ia mengatakan santunan kematian melalui Jaminan Kematian (JKM) merupakan salah satu kepedulian Pemerintah Kota Probolinggo untuk memberikan jaminan sosial kepada RT-RW.

"Kebetulan almarhum sebagai RW. Alhamdulillah masih dapat perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan sehingga manfaat bisa diterima, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk ahli waris," katanya.

Sementara itu, Camat Kademangan Gofur Effendy menjelaskan bahwa Almarhum Sulis Riyanto yang menjabat Ketua RW di wilayahnya tersebut meninggal dunia pada bulan Mei 2024 karena sakit dan ahli warisnya berhak menerima santunan kematian. "Saya memanggilnya Pak Anton, Ketua RW 5 Pilang. Beliau meninggal dunia pada bulan Mei lalu karena sakit. Begitu minggu kemarin santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan cair, kita simboliskan Bapak Pj. Wali Kota menyerahkan kepada pihak keluarga, di samping juga mendapatkan santunan kematian dari Pemkot Probolinggo," jelasnya.

Istri Almarhum, Siti Fatimah (34) mengucapkan terima kasih atas kehadiran Pj. Wali Kota Probolinggo yang menyerahkan langsung santunan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan, "Saya menyampaikan terima kasih atas kehadiran Pak Pj. Nurkholis, pihak BPJS Ketenagakerjaan dan Camat Kademangan serta jajarannya ke rumah kami untuk menyampaikan bela sungkawa secara langsung dan menyerahkan santunan kematian suami saya. Santunan ini bisa membantu untuk usaha dan sekolah anak, karena saya buka warung di belakang Eratex. Semoga saya bisa terus membesarkan 2 anak saya, dan semoga ke depan bisa lebih diperhatikan lagi oleh Pemkot," harapnya. (crl/uby)

BAGIKAN