Pj Taufik Kurniawan Lakukan Safari, Pantau Kesiapan Penilaian Adipura

2024

Mayangan - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) secara kontinyu melakukan pemantauan titik lokasi Penilaian Adipura yang akan dilaksanakan Senin (7/10) mendatang. Pj Taufik Kurniawan bersama Asisten Pemerintahan Madihah, Staf Ahli Slamet Suwantoro, Kepala DLH Retno Wandansari terjun langsung, Kamis (3/10) lalu guna memastikan kesiapan lokasi titik penilaian.

Pertama menuju TPA Bestari di Jalan Anggrek lalu melihat budidaya maggot pengurai sampah organik di BJBR. Berikutnya mempersiapkan Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) sebagai hutan kota. Kemudian memantau Pasar Randu Pangger serta terakhir menuju RS Ar-Rozy.

Berdasarkan pemantauan awal, Pj Wali Kota Probolinggo Taufik Kurniawan memberikan beberapa masukan kepada DLH agar ditindaklanjuti sebelum tim penilai datang. “Secara umum di lapangan sudah sesuai dengan laporan yang disajikan. Saya hanya menambahkan, fokus terkait SOP di TPA, termasuk peta alurnya perlu terpampang. Sehingga yang datang ke TPA juga mengetahui proses dan pengawasannya. Begitu pula pengelolaan sampah di TPA,” urainya pasca berkeliling.

Ia juga tertarik dengan budidaya maggot  di BJBR yang turut mendukung proses penilaian adipura. Pihaknya juga berharap kolaborasi dengan stakeholder dalam pengembangan budidaya maggot. Karena potensinya bagus, termasuk mempermudah pemasarannya. Sedangkan keberadaan Pasar Randu Pangger dinilai sudah cukup bersih dan tertata, namun ia juga menyarankan harus dipasang biopori.

“Selain biopori, seperti di Pasar  Randu Pangger juga perlu ada Bank Sampah. Sedangkan di RS Ar-Rozy tadi saya melihat lokasi untuk tempat pengolahan limbah medis dan non medis,” pungkasnya.

Taufik berharap semua pihak ikut mendukung penilaian adipura ini. Bukan semata untuk meraih penghargaan, namun menurutnya lebih kepada perilaku yang peduli terhadap pengelolan lingkungan hidup.

Sementara itu rombongan yang dipimpin Staf Ahli Wali Kota Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan Setda Kota, Slamet Suwantoro memantau lokasi di alun-alun kota, SDN Tisnonegaran 1, Sungai Amsterdam, Puskesmas Wonoasih, Puskesmas Kedopok. (yul/pin)

BAGIKAN