Putri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan 2024 Melati Tedja Terkesima dengan Batik Kota Probolinggo

2024

MAYANGAN - Usai melakukan greeting bersama siswa-siswi SMAN 1 Kota Probolinggo, safari kunjungan Putri Indonesia Pendidikan dan Kebudayaan 2024 Melati Tedja berlanjut ke Dekranasda Pusat Oleh-Oleh Kota Probolinggo, di Alun-Alun Kota, Jum’at (2/8).

Dalam giat itu, Putri Indonesia Jawa Timur 2024 itu ingin mengetahui secara langsung hasil karya batik dari pembatik Kota Probolinggo. Sekaligus belajar sedikit terkait bagaimana caranya membatik.

"Seneng banget rasanya bisa ke Kota Probolinggo dan main-main ke rumahnya Ibu Maharani ke Dekranasda Probolinggo. Dan ternyata kerajinan tangan di Kota Probolinggo luar biasa banget dan keren-keren. Sempet juga dikirimin Ibu Maharani salah satu kripik khas lokal sini, ternyata enak banget. Dan tadi juga perdana nyobain eksperimen membatik, agak deg-degan yaa, karena harus teliti banget itulah seninya membatik. Dan sudah selayaknya karya Batik Kota Probolinggo juga bisa dilihat dan dikenal sama semua orang" ungkapnya.

Gadis cantik yang baru saja merayakan ulang tahunnya ke-25 di bulan Juli itu juga berburu beberapa produk kerajinan batik khas Kota Probolinggo mulai Tas Batik, Baju Bordir dan produk olahan makanan dari UMKM binaan Dinas Koprasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUMP).

Ditemui usai kunjungannya bersama Melati Tedja, Kepala Dinas Koprasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagngan  Fitriawati, mengungkapkan berterimakasih dengan hadirnya Putri Indonesia Jawa Timur 2024, pasalnya kerajinan maupun produk-produk UMKM Kota Probolinggo bisa terekspose baik di kancah nasional maupun internasional.

"Tadi disampaikan juga secara langsung oleh Putri Indonesia bahwa produk-produk yang ada di Kota Probolinggo juga tidak kalah dengan produk-produk dari daerah lain, bagus-bagus kualitasnya. Kami bangga sekali, harapannya dengan giat ini kerajinan maupun produk-produk UMKM kami bisa ter-expose baik secara Nasional maupun Internasional"ujarnya

Senada dengan itu, Salah satu Pengrajin batik asal Kota Probolinggo yang sempat menyabet prestasi Juara 3 dalam ajang bergengsi Adikarya Wastra Nusantara 2024 pada bulan Juni lalu,  Mujiono, mengaku bangga sekali. Pasalnya dengan hadirnya sosok yang menginspirasi seperti Putri Indonesia Jawa Timur 2024 datang ke Kota Probolinggo ini, tentunya dapat membawa angin segar bagi para pengrajin batik untuk terus berkarya dan berinovasi agar karya-karyanya dapat diminati di pasaran.

"Sangat luar biasa sekali. Saya sangat bangga dan saya memberikan rasa hormat yang sedalam-dalamnya kepada Bapak-Ibu penjabat wali kota, dimana para pengrajin batik dan para desainer selalu dilibatkan dengan agenda seperti ini. Selalu memberikan kesempatan bagi para pelaku UMKM batik untuk mempromosikan karya-karya kami," tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu Sekdakot drg. Ninik Ira Wibawati, Kepala Disdikbud Siti Romlah dan Kepala BPS Kota Probolinggo Mouna. (dev/pin)

BAGIKAN