Ratusan Pelajar Ikuti Kejuaraan Pencak Silat Wali Kota Cup 2024

2024

KEDOPOK - Kejuaraan Pencak Silat Antar Pelajar se-Kota Probolinggo Tahun 2024 resmi dibuka oleh Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis pada Rabu (1/5) pagi. Pertandingan yang memperebutkan Piala Wali Kota Cup ini akan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 1-4 Mei mendatang di GOR Mastrip.

Sebanyak 315 pelajar mulai dari SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA akan bertanding pada dua kategori. Yakni kategori tanding yang terdiri dari Pra Remaja dan Remaja. Serta kategori seni yang terdiri dari Tunggal, Ganda, dan Beregu.

Dalam sambutannya, Pj Nurkholis menyampaikan bahwa pencak silat ini bukan hanya bela diri semata, namun juga merupakan budaya luhur bangsa Indonesia. “Oleh karena itu kepada seluruh atlet nanti yang semangat bertandingnya, junjung tinggi sportivitas, sementara hilangkan dulu dari mana sekolahnya, warna seragamnya, mudah-mudahan dari Kota Probolinggo ini lahir bibit-bibit pencak silat yang luar biasa,” ujar Nurkholis.

Pria yang juga mempunyai hobi olahraga ini juga berpesan kepada wasit untuk menilai pertandingan dengan jujur dan obyektif, “Hilangkan subjektivitas agar adek-adek yang masih bersemangat ini akan sportif dalam pertandingan,” tegas Nurkholis yang meresmikan kejuaraan dengan pemukulan gong itu.

Diungkapkan oleh Ketua Bidang Teknik dan Prestasi IPSI Kota Probolinggo Ujar Murnianto, salah satu tujuan digelarnya kejuaraan ini adalah untuk menjaring atlet-atlet pencak silat di Kota Probolinggo. “Untuk pembibitan atlet pencak silat pada umumnya, proyeksi jangka pendeknya untuk pembibitan atlet Kejuaraan Provinsi Jawa Timur (Porprov), dan Kejuaraan Daerah Jawa Timur (Kejurda). Syukur-syukur bisa ke tingkat Nasional ya,” katanya.

Seremonial pembukaan Kejuaraaan Pencak Silat ini juga dihadiri oleh Perwakilan Forkopimda, Perwakilan Ketua Koni Kota Probolinggo dan Ketua Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Kota Probolinggo. 

Para pemenang di setiap kategori akan menerima medali dan piagam. Penilaian tambahan akan dilakukan untuk menentukan pesilat terbaik di setiap tingkatan, dan pemenangnya akan mendapatkan Trofi Pesilat Terbaik. Selain itu, para peserta juga akan memperebutkan Trofi Juara Umum Wali Kota Cup 2024. (sit/dp)

BAGIKAN