Ratusan Pramuka Penggalang Ikuti Jambore Cabang Tahun 2024

2024

KEDOPOK - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Probolinggo menggelar Jambore Cabang Tahun 2024. Perkemahan besar bagi pramuka penggalang ini diadakan selama 3 hari mulai Jumat-Minggu (27-29/9) di Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan (RTHKP) Kedopok Kota Probolinggo.

Asisten Pemerintahan Madihah menghadiri seremonial pembukaan giat tersebut mewakili Penjabat Wali Kota Probolinggo pada Jumat (27/9) malam. Dalam prolognya, Madihah menyambut baik atas penyelenggaraan kegiatan ini dan menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang tinggi kepada Ketua Kwartir Cabang beserta segenap jajarannya, yang telah berupaya maksimal untuk menyelenggarakan Jambore Cabang ini.

Dirinya juga menyampaikan betapa pentingnya kegiatan yang mempunyai slogan Bergema (Bersahabat, Bergembira Bersama) ini. Para peserta dapat saling mengukur dan membandingkan keterampilan, wawasan dan pengetahuan kepramukaan yang telah dikuasai melalui pertemuan ini. Selanjutnya, antar peserta pun saling bercerita dan berbagi pengalaman. Sehingga diharapkan dapat menumbuhkan rasa senasib sepenanggungan dan persaudaraan antar sesama.

“Semangat bekerja keras dan saling membantu juga bisa terwujud melalui jambore ini. Tidak kalah penting, kelak kalian akan memiliki sifat – sifat kepemimpinan yang bijaksana dan bertanggung jawab. Jadi saya harap, ikuti dengan baik seluruh rangkaian kegiatan ini dengan sebaik mungkin. Patuhi semua perintah dan saran dari kakak – kakak pembimbing, pembina dan pelatih. Kerjakan dengan ikhlas semua tugas yang diberikan dan yakinlah bahwa tugas – tugas tersebut akan memberikan manfaat bagi kalian semua di masa depan kelak,” harapnya.

Mengambil tema Menanam Kebaikan Menuai Kebahagian, acara ini diikuti oleh 312 Pramuka Penggalang dari 15 Gugus Depan tingkat SMP/MTs se-Kota Probolinggo. Dikemas dalam bentuk perkemahan yang menyenangkan dengan penuh keterampilan, terdapat 36 kegiatan dan 8 sub kegiatan yang disusun, antara lain kegiatan umum, kegiatan khusus, satuan karya, wirausaha, siaga bencana, wisata, petualangan, dan karnaval.

Siti Romlah, Wakil Ketua Gerakan Cabang Pramuka setempat sekaligus Ketua Pelaksana Jambore ini mengatakan bahwa Jambore ini bertujuan untuk  membina dan meningkatkan rasa kekeluargaan, persaudaraan, pengetahuan dan keterampilan serta kemandirian pramuka penggalang.

“Sehingga acara ini dapat menjadi ajang sekaligus wahana strategis untuk membangun pondasi pramuka,” ucap Siti Romlah yang juga merupakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Probolinggo. (sit/pin)

BAGIKAN