Rencana Bisnis PUDAM Bayuangga melalui Promosi dan Inovasi

2024

KANIGARAN -  Direksi dan Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Bayuangga Kota Probolinggo serahkan Rencana Bisnis Tahun 2024-2028 kepada Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis. Agenda tersebut berlangsung sederhana di Rumah Jabatan Wali Kota Probolinggo pada Rabu (27/3) siang.

Dikatakan oleh Nurkholis, rencana bisnis ini merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan. Terutama dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Artinya dengan adanya rencana bisnis ini perusahaan mempunyai rencana-rencana pelayanan dan tidak dipengaruhi oleh masalah internal yang ada, dan tadi ada juga Dewan Pengawas, sudah disetujui juga,” jelas kepala daerah kelahiran Banyuwangi itu.

Pj Nurkholis menambahkan sebagai Badan Usaha Milik Daerah, PUDAM Bayuangga diharapkan mampu meremajakan infrastruktur yang sudah rusak. Selain itu dirinya juga mendorong perusahaan daerah ini untuk menambah pelanggan baru di wilayah yang belum banyak memiliki fasilitas air bersih.

“Mungkin segera di survey dan didata sehingga masyarakat yang kesusahan air bersih bisa disupport oleh PUDAM ini tentunya dibarengi dengan adanya sumber-sumber air yang baru, karena sumber air sebelumnya terlalu jauh ya,” ulas Pj wali kota yang dilantik pada 30 Januari lalu ini.

Selain itu manajemen PUDAM Bayuangga juga diminta untuk melakukan promosi dan inovasi pelayanan kepada masyarakat. Hal ini dalam upaya untuk memenuhi target pelanggan yang telah direncanakan.

Sementara itu, Direktur PUDAM Bayuangga Indra Sovia Djalal mengaku bersyukur karena penyerahan rencana bisnis perusahaan untuk 4 tahun kedepan berjalan dengan lancar. “Ya, Alhamdulillah hari ini kita bersama rekan-rekan PUDAM bertemu Bapak Pj Wali Kota untuk menyampaikan program ke depan guna memberikan terobosan dalam mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat,” tutur Indra.

Diketahui, salah satu inovasi PUDAM Bayuangga untuk suplai air bersih di wilayah utara Kota Probolinggo adalah melalui  pembangunan sumur bor baru. Sehingga bisa memaksimalkan penyediaan fasilitas air minum untuk masyarakat.

Terkait capaian bisnis perusahan, PUDAM Bayuangga juga memiliki program Pelanggan Berhadiah. Tujuannya agar pelanggan dapat meningkatkan penggunaan air bersih yang tersedia.

Berdasarkan data, PUDAM Bayuangga telah berhasil menyumbangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Probolinggo melebihi target yang ditetapkan. Yakni sebesar Rp 553 juta  dari target sebesar Rp 469 juta. Hal ini yang membuat pemkot yakin, PUDAM Bayuangga mampu berkontribusi lebih baik lagi untuk Kota Probolinggo.

Juga turut mendampingi dalam pertemuan tersebut adalah Inspektur Kota Probolinggo Puji Prastowo . (sit/dp)

BAGIKAN