Sekda Ninik Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-79 TNI

2024

KANIGARAN - Mewakili Penjabat Wali Kota Probolinggo M. Taufik Kurniawan yang berhalangan hadir, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota drg. Ninik Ira Wibawati ikut menyemarakkan rangkaian puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke 79 di Makodim 0820/Probolinggo, Sabtu (5/10).

Mengenakan PSH, tampak Sekda Ninik didampingi Kepala Dinkes P2KB NH Hidayati dan Kepala DPUPR Perkim Setyorini Sayekti. Tampak pula Asisten 1 Setda Kabupaten setempat, jajaran forkopimda, sejumlah pejabat perangkat daerah terkait, dan perwakilan ASN di lingkungan Pemkot dan Pemkab Probolinggo selaku peserta upacara.

“Dirgahayu TNI ke 79, semoga ini menjadi momentum penting untuk semakin menguatkan sinergi antara TNI, Polri, serta instansi lainnya,” ucap Sekda Ninik di temui di sela-sela acara berlangsung.

Pelaksanaan giat yang dimulai sekira jam 8 pagi itu diawali upacara, kemudian dilanjutkan  pemotongan tumpeng, makan siang gratis bersama masyarakat lalu dilanjutkan dengan pengumuman pemenang atas lomba-lomba yang telah dilaksanakan, yakni Lomba Baris Berbaris Tingkat SMP dan SMA Sederajat. Serta Babinsa Terbaik Kodim 0820/Probolinggo.

Membacakan amanat Panglima TNI, Dandim 0820/Probolinggo Letkol ARM Heri Budiasto selaku Inspektur Upacara menyampaikan tema peringatan HUT ke-79 TNI. “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”.

“Tema ini juga relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara,” ujar Dandim Heri.

Ia menambahkan, dalam tema tersebut terkandung makna bahwa Prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI. Serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia Maju.

“Bila hal ini dapat terwujud, transformasi TNI menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan di kancah regional maupun internasional akan menjadi suatu keniscayaan,” katanya di hadapan peserta upacara.

Pada kesempatan itu pula, Dandim Heri juga mengingatkan kepada seluruh Prajurit bahwa TNI dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi.

Pun pada momentum ini, ia menyampaikan rasa hormat dan penghargaan kepada seluruh prajurit atas dedikasi dan integritasnya dalam menjalankan tugas, sehingga TNI terus mendapatkan kepercayaan dan tempat di hati rakyat Indonesia.

Heri mengajak seluruh prajurit mengapresiasi Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, atas dedikasi dan kerja kerasnya selama 10 tahun memimpin. Selanjutnya, menyambut Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia terpilih.

Adapun beberapa penekanan bagi seluruh prajurit untuk dipedomani dan dilaksanakan, yakni, perkokoh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, mempertahankan soliditas, serta membangun koordinasi yang baik dengan Pemda guna menjamin terlaksananya pilkada serentak yang aman, tertib dan lancar.

Lalu melaksanakan setiap tugas dengan penuh keikhlasan dan dilandasi niat ibadah, karena tugas semata-mata adalah untuk kepentingan rakyat, bangsa dan negara. (es/uby)

BAGIKAN