Semarak Pawai Budaya Kota Probolinggo 2024 Hadirkan Kolaborasi Seni dan Kreativitas

2024

KANIGARAN - Sebanyak 30 kontingen kesenian ramaikan Pawai Budaya Kota Probolinggo, Sabtu (7/9) pagi. Agenda rutin tahunan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam Semarak Hari Jadi Ke-665 Kota Probolinggo. Rombongan pawai yang diawali oleh tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tahun 2024 kota diberangkatkan oleh Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis bersama jajaran anggota Forkopimda serta Sekretaris Daerah drg. Ninik Ira Wibawati di depan Kantor Wali Kota setempat.

Peserta Pawai Budaya yang terdiri dari organisasi perangkat daerah, perusahaan dan kelompok masyarakat tersebut melewati rute yang dimulai dari Kantor Wali Kota Probolinggo Jalan Panglima Sudirman menuju Jalan Gatot Subroto, Jalan Ahmad Yani dan berakhir di Alun- Alun Kota Probolinggo. Tabuhan musik dug dug, tari daerah, peragaan busana, kendaraan hias serta kesenian budaya pendalungan menarik animo masyarakat untuk datang menyaksikan Pawai Budaya.

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis mengatakan bahwa agenda pawai ini merupakan upaya melestarikan budaya pendalungan yang menjadi bagian dari masyarakat Kota Probolinggo. “Pawai Budaya hari ini merupakan representasi dari kearifan lokal, yaitu budaya pendalungan yang mencakup berbagai etnis, seperti Madura, Jawa, Arab dan Tionghoa. Keberagaman ini patut terus dihargai dan dilestarikan,” terang Nurkholis yang hari itu mengenakan busana nusantara dari Sumatera Barat.

Selanjutnya, Nurkholis berharap agar keragaman budaya ini tetap terus terjaga dalam harmoni. Membawa masyarakat Kota Probolinggo untuk hidup berdampingan secara damai dan tenteram. “Melalui kolaborasi seni dan kreativitas, diharapkan mampu mempertautkan simpul-simpul kebhinekaan menjadi kekuatan yang harmonis. Serta memberikan rasa damai, tentram dan nyaman bagi seluruh masyarakat Kota Probolinggo,” harap Penjabat Wali Kota Probolinggo yang hadir didampingi oleh Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Rr. Dewi Maharani Nurkholis.

Adapun tema Pawai Budaya Kota Probolinggo Tahun 2024 adalah Dengan Kolaborasi Seni Budaya Dan Kreativitas Mewujudkan Kota Probolinggo Maju dan Sejahtera. Beberapa tampilan dan atraksi yang disajikan diantaranya Fashion Carnival Ethnic Bali, Musik Dug-Dug Menyemangati Olahraga Indonesia, Mobil Hias dan Tari Modern Nusantara, Kembang Lamaran Kolaborasi dengan Dug-Dug, Tari Mbanyu, Transformasi Kesehatan Melalui Fashion Carnival Nusantara Bebas Stunting, Duk-Duk Sekar Tanjung, Tari Bhayangkari, Tari Khas Papua dan Pencegahan Limbah Dengan 3R, Wonderland Indonesia serta Kesenian dari Bali Oleh Perkumpulan ISKCON Nusantara.

Berikutnya atraksi Kisah Minakjinggo dan Ratu Kencono Wungu, Tari Papua dengan Judul Perdamaian, Panen Raya diiringi Musik Duk-Duk, Tari Kreasi Kabasaran Minahasa, Tarian Modern Nusantara, Tari Menanam Pohon dan Parade Budaya Nusantara, Tarian Kreasi Nusantara diiringi Musik Dug-Dug, Kisan Prabu Klono Sewandono Dengan Pecut Samandiman, Neng Arum serta Tarian Tema Kerajaan.

Tari Kipas Bayuangga, Tarian “Nyareh Jukok” diiringi Musik Dug-Dug, Sosialisasi Bertema Sukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024 Untuk Mewujudkan Kota Probolinggo Lebih Bermartabat, Tarian Sapurah Putri Rahayu Bali Tersenyum, Legenda Prabu Klono Sewandono Raja Ponorogo Dan Prabu Singo Barong, Tari Janger, Kesenian Bantengan, Barongsai, serta Ogoh-Ogoh serta Drumband Putih Abu-Abu juga turut meramaikan pawai.

Di tengah sesi pawai, Penjabat Wali kota Probolinggo Nurkholis bersama jajaran anggota Forkopimda dan beberapa tamu undangan lainnya ikut turun dari panggung untuk menari bersama dengan peserta Pawai Budaya. Kali itu, menari Tari Kabasaran Minahasa hasil kreasi dari Satuan Polisi Pamong Praja Kota Probolinggo

Salah seorang warga, Sukaesih yang menyaksikan Pawai Budaya mengaku antusias menunggu beragam atraksi budaya dari masyarakat. Bersama suami dan anaknya, ia sudah berada di lokasi sejak pukul 8 pagi. “Pengen nonton atraksi semuanya, sekaligus berpartisipasi untuk meramaikan Hari Jadi Kota Probolinggo. Saya datang dari jam 8 pagi bersama suami dan anak, saya juga sudah bawa bekal, makanan dan kursi untuk melihat pawai,” terang warga Kelurahan Pohsangit Kidul itu.

Turut menyaksikan pawai di lokasi acara antara lain Penjabat Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, perwakilan Penjabat Bupati Lumajang, perwakilan Penjabat Bupati Pasuruan, perwakilan Wali Kota Pasuruan, Wali Kota Probolinggo periode 2019-2024 Habib Hadi Zainal Abidin, Ketua Sementara DPRD Kota Probolinggo Fernanda Zulkarnain, segenap asisten, staf ahli, kepala perangkat dan kepala instansi vertikal di wilayah Kota Probolinggo. (dp/pin)

BAGIKAN