Sidang Paripurna HUT ke-665 Kota Probolinggo, Nurkholis Paparkan Sumbangsih dan Prestasi

2024

KANIGARAN – Pagi tadi, Kamis (5/9), Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis menghadiri Rapat Paripurna DPRD dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-665 Kota Probolinggo Tahun 2024 yang dibuka oleh Ketua Sementara DPRD Kota Probolinggo Fernanda Zulkarnain, bertempat di Ruang Sidang Utama.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota mengatakan bahwa peringatan Hari Jadi ke-665 Kota Probolinggo harus dimaknai sebagai sarana mengingatkan pentingnya menjaga keseimbangan  manusia  dengan lingkungannya. Dengan memanfaatkan daya pikir yang lebih maju, sesuai tema peringatan Hari Jadi ke-665 Kota Probolinggo tahun ini, yakni “Dengan Sinergi dan Kolaborasi Wujudkan Kota Probolinggo Maju dan Sejahtera”.

“Peringatan Hari  Jadi  ke-665  Kota  Probolinggo menjadi titik awal lahirnya budaya perubahan. Berubah untuk menjadi lebih baik dan menjadi yang terbaik,” ucap Pj Nurkholis.

Orang nomor satu di Kota Bayuangga tersebut juga memaparkan berbagai prestasi Kota Probolinggo yang berhasil diraih dari tahun ke tahun. Di mana segala prestasi dan fasilitas yang dinikmati saat ini, ungkapnya, tak lepas dari kontribusi dari wali kota dan wakil wali kota terdahulu. “Berkat sumbangsih dan perjuangan pendahulu kami ini, alhamdulillah Kota Probolinggo bisa berada di titik ini,” ujarnya.

Sejumlah kepala daerah memang memiliki prestasi tertentu yang memberikan manfaat untuk masyarakat. Alm. Soeprapto, misalnya, yang berkontribusi melakukan penghijauan di wilayah Kota Probolinggo. Banadi Eko pun turut berperan dalam penerbitan perda tentang otonomi daerah dan kebebasan informasi publik.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo periode 2004-2014 HM Buchori juga memberikan kontribusi atas inisiasinya menggelar Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) yang hingga kini berdampak positif bagi perekonomian lokal. Setelah Buchori, Rukmini juga berhasil meraih beragam penghargaan di bidang lingkungan.

Terakhir, Habib Hadi Zainal Abidin pun turut berjasa menyediakan fasilitas kesehatan, yakni pembangunan RS Ar Rozy. Tak hanya itu, ia pun terus berupaya memberikan layanan kesehatan gratis melalui program Universal Health Coverage (UHC) yang mencapai cakupan 100%.

Nurkholis mengajak masyarakat untuk selalu bersyukur bahwa Kota Probolinggo memiliki pemimpin yang selalu peduli terhadap masyarakat melalui program dan kebijakannya masing-masing. “Mari kita berikan tepuk tangan yang meriah sebagai bentuk penghargaan pada pendahulu kita yang luar biasa,” tandasnya.

Bapak satu anak itu menambahkan, saat ini, Pemerintah Kota Probolinggo terus berpacu menorehkan sejumlah prestasi, antara lain kembali mempertahankan opini WTP dari BPK RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Kota Probolinggo, penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award kategori Utama tahun 2024, penghargaan Penggerak Koperasi Madya tingkat nasional tahun 2024, penghargaan piala Adipura tahun 2023 oleh Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia kategori Kota Sedang dan tujuh tahun berturut-turut berhasil mempertahankan opini WTP dari BPK RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Kota Probolinggo.

“Mohon ijin melaporkan, saya tujuh bulan memimpin, juga sudah mendapat tiga belas penghargaan. Terdekat, tanggal sepuluh nanti saya bersiap menerima (penghargaan) sebagai penjabat kepala daerah berprestasi se Indonesia, sebuah ajang penghargaan hasil kolaborasi antara media group dengan Mendagri,” sebutnya.

Jelang penyelenggaraan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah pada bulan November mendatang, Pj Nurkholis juga berpesan pada segenap elemen legislatif untuk turut serta menjaga kondusifitas Kota Probolinggo.

Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi ke-665 Kota Probolinggo juga dihadiri oleh Wakil Pimpinan Sementara DPRD Abdul Mujib dan segenap anggota, Jajaran Forkopimda seperti Dandim 0820/Probolinggo Letkol ARM Heri Budiasto, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Oki Ahadian Purwono, Kajari Kota Dodik Hermawan, Ketua Pengadilan Negeri Mellina Nawang Wulan, Sekretaris Daerah Kota Probolinggo Drg. Ninik Ira Wibawati, hingga sejumlah Ketua DPRD di beberapa periode. (es/pin)

BAGIKAN