Tasyakuran Gebyar Tumpeng Puncaki Rangkaian Kegiatan Peringatan Hari Koperasi ke-77

2024

MAYANGAN - Rangkaian kegiatan Peringatan HUT Koperasi ke-77 Tahun 2024 di Kota Probolinggo sampai di puncak acara. Rabu, (17/7) pagi, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP) setempat menggelar Tasyakuran Gebyar Tumpeng di Halaman Galeri Dekranasda Alun-alun kota. Hadir membuka acara Penjabat Wali Kota Nurkholis yang didampingi Penjabat Ketua Dekranasda Kota Probolinggo Dewi Maharani Nurkholis.

Di hadapan puluhan undangan tasyakuran, Penjabat Nurkholis menyampaikan apresiasi terhadap DKUMP dan gerakan koperasi di Kota Probolinggo atas seluruh rangkaian acara peringatan hari koperasi yang telah dilaksanakan sebelumnya.

“Jadi sekali lagi terima kasih kepada Dinas Koperasi terutama dengan gerakan koperasi yang sudah menyelenggarakan acara ini dan juga sudah menyelenggarakan rangkaian kegiatan dalam rangka hari koperasi, mudah-mudahan ke depan koperasi Kota Probolinggo lebih maju lagi,” jelas Penjabat Wali Kota Probolinggo itu.

Pada kesempatan itu, Penjabat Wali Kota Probolinggo ini pun juga menyinggung mengenai penghargaan yang baru saja diraihnya sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Madya Tingkat Nasional. Dikatakan lebih lanjut, hal ini tidak lepas dari dedikasi pada perkembangan koperasi yang telah dibinanya pada Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur.

“Jadi tidak hanya di sini penilaiannya karena kami di provinsi juga punya koperasi yang cukup besar, uang yang beredar cukup besar, karena dapat bagi hasil minyak, cukup banyak kami dapat tiap tahunnya, kami juga concern terhadap UMKM terkait dengan pemasangan PLTS untuk UMKM,” jelas Nurkholis.

Sementara itu, Ketua Panitia kegiatan Yayuk Setyowati mengaku bersyukur, seluruh kegiatan peringatan Hari Koperasi ke-77 sukses digelar. Diantaranya, gowes bersama, donor darah, fashion show batik dan gebyar tumpeng. Dirinya berharap kedepan koperasi di Kota Probolinggo mampu berkolaborasi dengan UMKM setempat untuk mempromosikan potensi Kota Probolinggo, khususnya pada kerajinan batik.

“Mewujudkan semangat partisipasi gerakan koperasi bekerja sama dengan pelaku UMKM dalam rangka mempromosikan batik Kota Probolinggo agar semakin dikenal masyarakat Probolinggo.” terangnya.

Masih di lokasi yang sama, juga dilaksanakan penyerahan piala bagi para pemenang Lomba Fashion Show Batik yang telah dihelat di panggung Semipro tanggal 5/7 lalu. Yakni pemenang Best of The Best diraih oleh Koperasi Wanita Nuri, berikutnya Best Performance dimenangkan oleh Koperasi Wanita Annisa, Best Makeup diraih oleh Koperasi Wanita Annisa. Selanjutnya, Best Catwalk dimenangkan oleh Koperasi Budi Daya serta Juara Favorit diberikan untuk koperasi PNS.

Tasyakuran ditutup pemotongan tumpeng oleh Penjabat Wali Kota Nurkholis yang diserahkan kepada Kepala DKUMP Fitriawati. Serta penampilan lagu Aku Cinta Koperasi (Aciko) yang dibawakan oleh tim paduan suara Paguyuban Koperasi Jaya Mandiri. Turut hadir pula di acara tasyakuran antara lain, Sekretaris Daerah drg. Ninik Ira Wibawati, Kepala BPS Kota Probolinggo perwakilan forkopimda kota, Ketua Dekopinda, Pimpinan Bank Jatim Cabang Probolinggo, kepala perangkat daerah dan seluruh gerakan koperasi Kota Probolinggo. (dp/pin)

BAGIKAN