Upacara dan Tasyakuran Warnai Peringatan Hari Bhayangkara ke-78 di Kota Probolinggo

2024

KANIGARAN - Segenap pejabat di lingkungan pemkot, pasukan TNI, Polri dan perwakilan ASN ikut upacara Hari Bhayangkara ke-78, Senin (1/7) pagi di halaman Kantor Wali Kota setempat. Upacara yang juga dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Probolinggo Nurkholis itu dipimpin oleh Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa'bani. Tema peringatan tahun ini “Polri Presisi Menuju Indonesia Emas Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Usai upacara, agenda berlanjut dengan tasyakuran bersama di Puri Manggala Bhakti. Dalam sambutannya Penjabat Nurkholis mengatakan bahwa kehadiran polisi sangat membantu pemerintah kota dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat. Polres Probolinggo Kota juga telah banyak berkontribusi bagi pembangunan kota diantaranya pelayanan kegawatdaruratan Meteor, polisi RW, serta kelestarian alam melalui program penanaman mangrove.

“Berbicara tentang Polri khususnya di Kota Probolinggo, sudah banyak sekali torehan-torehan, legacy di bawah kepemimpinan Pak Kapolresta sekarang, ini kami dari pemkot, merasa sangat terbantu, yang pertama terkait gagasan Meteor, itu yang luar biasa, karena tepat waktu, on time, respon cepat ketika masyarakat berkeluh kesah apapun,” jelas Nurkholis.  

Harapan dan doa juga disampaikan Penjabat Nurkholis kepada Polri agar senantiasa sukses dan presisi dalam pengabdiannya kepada masyarakat. “Kami mewakili Forkopimda mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-78 Bhayangkara, mudah-mudahan ke depan semakin sukses, semakin presisi,” harapnya.

Sementara itu, Kapolres Probolinggo Kota Wadi Sa’bani menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh pemerintah kota bagi polri untuk turut serta melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat. Dirinya pun meminta dukungan dari semua pihak untuk mewujudkan semangat peringatan Bhayangkara ke-78 yakni menyongsong Indonesia Emas yang lebih hebat.

“Kami sadar Polri tidak bisa sendiri, untuk mewujudkan visi misi tersebut, butuh yang lain untuk bersama-sama membangun Indonesia lebih hebat, lebih kuat, lebih maju menuju Indonesia Emas di tahun 2045,” ungkap AKBP Wadi Sa’bani

Pada kesempatan itu juga diberikan penghargaan berbagai lomba dalam rangka Hari Bhayangkara. Diantaranya pemenang untuk lomba voli, lomba bulutangkis, lomba Panca Siap, lomba pidato bagi Bhabinkamtibmas, lomba olah TKP dan lomba e-sport. Masing-masing mendapatkan piala serta uang pembinaan. Dilanjutkan dengan prosesi potong tumpeng bersama sebagai wujud rasa syukur.

Peringatan Hari Bhayangkara ke 78 juga menjadi ajang unjuk kreativitas bagi polisi cilik binaan Polres Probolinggo Kota. Polisi muda yang masih duduk di bangku sekolah dasar itu menampilkan kebolehannya dalam keterampilan baris berbaris, teatrikal serta parade seni budaya. Penampilannya mendapat sambutan yang meriah dari penonton yang hadir di agenda peringatan tersebut,

Hadir bersama di Pemkot Probolinggo, diantaranya jajaran forkopimda, asisten, staf ahli, pejabat kepala perangkat daerah, camat dan lurah di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota bersama segenap pengurus Bhayangkari Polres Probolinggo Kota. (dp/pin)

BAGIKAN