Wujud Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa Unhan RI Tertarik Pengolahan Energi di Kota Probolinggo

2024

KANIGARAN - Rangkaian acara dalam rangka Pengabdian Masyarakat mahasiswa Program Studi S2 Ketahanan Energi, Fakultas Manajemen Pertahanan, Universitas Pertahanan RI berlanjut hingga malam hari. Setelah membuka pertemuan dengan Dialog Wawasan Kebangsaan dengan Forkopimda dan Masyarakat Lintas Agama di pagi hari, giat penanaman Mangrove pada sore hari, rangkaian pada hari Kamis (18/7) ditutup dengan Gala Dinner bersama, di rumah jabatan Wali Kota Probolinggo.

Dalam giat malam tersebut, tampak hadir Dekan dan beberapa dosen dari Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP). Sejumlah kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkot Probolinggo pun menyambut kedatangan mereka.

Penjabat (Pj) Wali Kota Probolinggo Nurkholis menjelaskan bahwa jamuan makan malam tersebut diadakan untuk menyambut para dosen dan dekan dari FMP, “Kebetulan Bapak Dosen dan Dekan bisa hadirnya malam ini karena kesibukan yang lain, jadi kita sambut mereka dengan makan malam, juga persiapan rangkaian giat besok,” jelas Pj Nurkholis.

Nurkholis, yang juga merupakan mahasiwa semester 3 magister Ketahanan Energi, menambahkan untuk giat esok hari, dirinya bersama 23 rekan mahasiswa lainnya akan beranjak ke PLTU Paiton karena keterkaitan antara jurusan yang diambil. Selain PLTU Paiton, giat Pengabdian Masyarakat ini juga akan berkunjung ke Pabrik Tahu “Proma”, salah satu pabrik tahu yang ada di Kota Probolinggo yang mengolah limbahnya menjadi Biogas.

Jadi bukan tanpa alasan Kota Probolinggo dipilih menjadi tujuan Pengabdian Masyarakat Prodi Ketahanan Energi, FMP, Unhan RI. Pj Nurkholis menuturkan bahwa salah satu alasan ialah Kota Probolinggo lebih dikenal lebih banyak khayalak luas karena memiliki pengolahan energi yang baik.

Sementara itu, Laksamana Muda Sri Yanto, Dekan FMP-Unhan RI mengucapkan terima kasih kepada Pj Nurkholis untuk waktu dan kesempatan yang diberikan. “Terima kasih kepada Bapak Nurkholis atas jamuannya, dan mohon maaf ini tadi terlambat. Semoga rangkaian acara Pengabdian Masyarakat yang kita adakan ini bermanfaat bagi mahasiswa dan juga tentu harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” ucapnya.

Salah satu Mahasiswa, Nabila yang berasal dari Bandung, mengungkapkan bahwa Kota Probolinggo yang notabene merupakan kota kecil mempunyai infrastruktur yang apik dan rapi. “Ini baru pertama ke Kota Probolinggo, wilayahnya kecil tapi bagus juga, apalagi tadi ketika menanam mangrove ya, semuanya oke,” ungkapnya.

Hadir pula dalam giat tersebut salah satu alumni Universitas Pertahanan RI yang juga menjabat sebagai Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Probolinggo yaitu Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arm Heri Budiasto. Diketahui, Dandim Heri merupakan alumnus Unhan RI dan merupakan senior di fakultas yang sama. (sit/pin)

BAGIKAN