Datangi Makodim 0820 Probolinggo, Begini Arahan Pangdam V Brawijaya

Berita Terbaru

KANIGARAN - Dalam rangka pelaksanaan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021 tentang PPKM Mikro dan pembentukan posko penanganan Covid 19 di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid 19, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto mengunjungi Markas Kodim 0820 Probolinggo, Jumat (12/2).

Hadir didampingi istri, Mayjen Suharyanto disambut jajaran pejabat dari Kota dan Kabupaten Probolinggo, antara lain Ketua DPRD Kota Probolinggo Abdul Mujib, Kapolres Probolinggo Kota  AKBP RM Jauhari, Kepala Satpol PP Kota Probolinggo Agus Efendi, Kepala Bakesbang Pol Ahmad Sudianto. Nampak pula Komandan Korem 083 Kolonel Inf Irwan Subekti dan Komandan Kodim 0820/Probolinggo Letkol Inf. Imam Wibowo. 

Pangdam lulusan Akmil tahun 1989 itu menyampaikan arahan di depan 60 prajurit di bawah Kodim 0820/Probolinggo, agar tetap selalu menjadi teladan untuk masyarakat dalam rangka pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan Covid 19. “Kita memang harus menjadi contoh terhadap pelaksanaan penerapan 5M kepada masyarakat,” terangnya. 5M yang dimaksud adalah memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Instruksi khusus, juga ditujukan kepada Danramil yang memiliki tugas di garda depan pelayanan kepada masyarakat agar selalu mengecek kesehatan tiap-tiap anggotanya “Tetap juga diperintahkan untuk melaksanakan tugas-tugas menjaga masyarakat binaan, ini harus pandai-pandai mengatur, para Danramil, dilihat anggotanya satu per satu, khususnya bagi yang memiliki komorbid,” ujar perwira tinggi TNI kelahiran Cimahi ini.

Menyinggung mengenai vaksin, Pangdam V Brawijaya menjelaskan bahwa meskipun nanti sudah mendapat vaksin tetap harus menerapkan protokol 5M. “Saya ini sudah 2 kali (divaksin), seminggu lagi mudah-mudahan imun saya sudah timbul, tapi itu pun bukan berarti bisa buka masker, bisa berkerumun. Tidak. Tetap senjata kita melawan musuh ini adalah 5 M, vaksinasi dan menjaga kesehatan,” tegasnya.

Meskipun tidak ditemukan adanya kasus Covid19 di Kodim 0820/Probolinggo, Pangdam menekankan agar setiap prajurit Kodim 0820/Probolinggo tetap mempertahankan protokol kesehatan pencegahan Covid19 baik di keluarga maupun di lingkungan masyarakat.

“Tadi saya dapat laporan Dandim, bahwa kasus positif di Kodim probolinggo tidak ada, saya minta itu betul-betul pertahankan, jaga betul, kalian tinggal dirumah-rumah penduduk untuk jadi pelopor dan teladan,” terang Pangdam. (dewa)

BAGIKAN