Dua Tahun Menjabat, Wali Kota Beberkan Capaian di Malam Refleksi

Berita Terbaru

KANIGARAN – Malam Refleksi 2 tahun Kepemimpinan Wali kota Habib Hadi Zainal Abidin – Wakil Wali Kota Mochammad Soufis Subri sukses digelar, Jumat (29/1). Acara yang digelar di Puri Manggala Bhakti Kantor Pemkot Kota Probolinggo ini disiarkan langsung secara virtual melalui akun media sosial Pemerintah Kota Probolinggo.

Dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, acara berlangsung dengan khidmat juga semarak. Wali kota Habib Hadi hadir didampingi oleh istri sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin Hadir pula dalam acara segenap anggota Forkopimda Kota Probolinggo, Sekretaris Daerah drg Ninik Ira Wibawati, para asisten, staf ahli, kepala OPD, dan camat.

Wali Kota Habib Hadi membuka sambutannya di depan undangan dan juga 19 ribu warganet dengan mengenang kepemimpinan bersama Wakil Wali Kota Probolinggo (Alm) Mochammad Soufis Subri. Walikota ingin menunjukkan kepada masyarakat  bahwa kebersamaannya dengan (Alm) Subri tidak boleh dilupakan, “Karena  kita sampai bulan Desember masih mengemban amanah, saya ijin kepada keluarga untuk menampilkan slide semasa saya dan Almarhum menyampaikan harapan-harapan untuk Kota Probolinggo,” jelasnya.

Malam Refleksi merupakan komitmen keterbukaan dan pertanggungjawaban Wali Kota Habib Hadi kepada kepada warganya. “Tanpa ada keterbukaan, tentunya tidak ada koreksi dan introspeksi diri saya dalam mengemban amanah ini,” terang wali kota. Malam itu wali kota juga mengobarkan semangat kebersamaan kepada segenap keluarga besar Pemerintah Kota Probolinggo. “Kami bisa mewujudkan itu semua berkat kekompakan semua keluarga besar ASN di lingkungan Kota Probolinggo yang dipimpin oleh Ibu Sekda, asisten dan kepala OPD,” ungkapnya.

Kepada masyarakat Kota Probolinggo, wali kota juga mengajak agar turut serta mendukung kebijakan pemerintah kota, terlebih di masa pandemi seperti ini, “Ayo kita bersama-sama saling membahu dalam menjalankan, mendukung kebijakan, khususnya dalam menghadapi pandemi COVID-19.” terangnya.

Menurut wali kota, pemerintah mengeluarkan aturan regulasi COVID-19, bukan untuk kepentingan sendiri namun untuk kepentingan bersama, khususnya bidang kesehatan. Ucapan terima kasih juga disampaikan Wali Kota Habib Hadi kepada anggota Forkopimda atas kebersamaanya menghadapi pandemi, TNI/Polri yang telah membantu memberikan edukasi kepada masyarakat, Kejaksaan Negeri Kota Probolinggo yang yang mendampingi dalam refocusing anggaran, sehingga Pemerintah Kota Probolinggo bisa melangkah sempurna. “Tanpa ada kebersamaan mustahil kita bisa melakukan semuanya,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, Habib Hadi juga menyampaikan capaian yang telah diraih selama dua tahun terakhir. Di bidang kesehatan, pembangunan rumah sakit baru di wilayah selatan Kota Probolinggo telah dimulai. Rumah sakit seluas 5 Ha bakal menelan biaya pembangunan Rp13,7 miliar dan rencananya akan difungsikan pada awal tahun 2023. Capaian lainnya adalah pelayanan kesehatan gratis (Universal Health Coverage) melalui BPJS Kesehatan yang mencapai 97%, penyediaan 29 ambulance siaga untuk masing-masing kelurahan, peningkatan honorarium 1.090 kader posyandu dan penyediaan rumah singgah bagi keluarga pasien yang dirujuk ke rumah sakit di Kota Surabaya, Malang, dan Kab. Jember.

Di bidang pendidikan, wali kota telah merealisasikan pendidikan dan seragam gratis untuk SD dan SMP Negeri, pendidikan murah dan terjangkau untuk sekolah swasta, peningkatan mutu dan sarana prasarana pendidikan, insentif yang diberikan pada 1.000 guru ngaji, guru minggu, pasraman dan klenteng. Untuk kemudahan pelayanan keiimigrasian, Unit Kerja Kantor Imigrasi TPI Kelas 1 Malang telah resmi dibuka di Kota Probolinggo. Tak hanya itu, kembalinya Probolinggo Plaza juga menjadi kado manis Hari Jadi ke-661 Kota Probolinggo tahun lalu.

Wali Kota Sematkan Hand Badge “I Love Probolinggo City”

Pada Malam Refleksi, digelar pula seremonial penyematan Hand badge “I Love Probolinggo City“ sebagai wujud simbolis komitmen seluruh ASN untuk mencintai Kota Probolinggo dengan semangat dan profesional membangun Kota Probolinggo lebih baik. Hand badge yang terbuat dari kain putih dengan bordir bertuliskan I Love Probolinggo City ini disematkan di lengan kanan atas oleh wali kota kepada 3 perwakilan yakni Sekda Kota Probolinggo, Inspektur dan Asisten Pemerintahan serta diikuti oleh seluruh Kepala OPD di lingkungan Kota Probolinggo.

Penyematan hand badge dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar “Membangun Bersama Rakyat” yang dipimpin oleh Sekda drg Ninik Ira Wibawati dengan diikuti oleh seluruh kepala OPD di lingkungan Kota Probolinggo. Ikrar ini merupakan janji komitmen seluruh ASN untuk mendukung program serta Visi Misi Wali Kota Habib Hadi demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Kota Probolinggo. 

Ikrar yang dibacakan oleh seluruh kepala OPD ini diharapkan akan menjadi motivasi bagi seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo untuk terus menjaga semangat membangun Kota Probolinggo.

Tampilkan Karya Pemenang Lomba

Tak hanya menampilkan kesenian musik tradisional angklung yang membawakan lagu-lagu bertemakan Kota Probolinggo, acara Malam Refleksi juga menampilkan pemenang lomba menulis surat dan puisi untuk Wali Kota Probolinggo yang diikuti siswa SD dan SMP di Kota Probolinggo, serta pemutaran video dan foto lomba “Dua Tahun Pembangunan Kotaku”.

Hadir sebagai penampil pertama, Al Azhar Putra Jaka, siswa dari SDN Sukabumi II. Dalam suratnya, Al Azhar menyampaikan selamat atas amanah sebagai wali kota serta ungkapan rasa duka atas berpulangnya Wakil Walikota Probolinggo. Selain itu rasa bangga juga disampaikan Al Azhar atas kinerja positif pembangunan dan pelayanan publik di Kota Probolinggo. Sementara, Aimar, siswa SMP N Negeri 7 Probolinggo menampilkan deklamasi puisi berjudul “Refleksi”. Puisi yang menceritakan kisah-kisah warga Probolinggo yang terbantu dengan pembangunan dan pelayanan di Kota Probolinggo dibawakan dengan penuh ekspresi oleh siswa berkacamata ini.

Berikutnya, pemenang lomba video yang diinisiasi oleh Diskominfo Kota Probolinggo ini diraih oleh Ruly Julius Putra sebagai juara pertama dengan judul, “Rewind Bolinggo”, Teddi Friestanto sebagai juara 2 dengan judul “Bukti” dan Juara 3 yakni Frizkita Putri Amanda dengan judul “Apa Kata Mereka”. Pada lomba foto, Juara pertama diraih oleh Khusnul Khotimah dengan judul “Kepemimpinan”, Juara 2 yakni Sutriono Hariadi dengan judul “Pembangunan RSUD” dan terakhir Agung Sofian dengan judul “29 Ambulance”.

Performa kesenian “Teatrikal Refleksi 2 Tahun” menutup rangkaian acara Malam Refleksi 2 Tahun Kepemimpinan Wali kota Habib Hadi. Drama teatrikal dari siswa-siswi SMPN 3 Kota Probolinggo ini mengusung judul, “Keburu Rabi”.  Penampilan acara dibagi dalam 3 babak, dibuka dengan tari tradisional kontemporer yang dibawakan oleh 3 penari dengan rapi dan serentak. Dilanjutkan dengan dialog Ludruk Jawa Timur oleh 2 orang yang menceritakan pembangunan di Kota Probolinggo di bawah kepemimpinan Wali kota Habib Hadi Zainal Abidin.

Penampilan terakhir yakni teatrikal kisah keluarga yang dalam kesehariannya mengurus rumah tangga, konflik suami istri dan anak. Terselip nilai-nilai moral sosial dalam cerita yang dibawakan yakni kepemimpinan dalam berkeluarga, pendidikan dasar untuk anak dan sikap waspada. Keseluruhan drama teatrikal ditampilkan dengan sempurna meskipun hanya berlatih 10 hari. (dewa)

BAGIKAN