Hindari Stunting, Bawa Balita ke Posyandu

Berita Terbaru

PROBOLINGGO - Posyandu sebagai salah satu bentuk kegiatan PKK di bidang kesehatan dengan 5 (lima) kegiatan utama yakni, kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, imunisasi, gizi dan pencegahan dan penanggulangan diare. Hal tersebut menjadi perhatian utama bagi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin.

Dengan didampingi Wakil Ketua TP PKK Diah Kristanti Subri dan Pokja IV TP PKK, Aminah Hadi sambang posyandu di 3 (tiga) lokasi yaitu Posyandu Melati Kelurahan Jati, Posyandu Kemala 23 Kelurahan Tisnonegaran dan Posyandu Merpati Kelurahan Kareng Lor, Rabu (24/11).

Di lokasi pertama Posyandu Melati Kelurahan Jati, Aminah menyampaikan kedatangannya untuk bersilahturahim dengan seluruh peserta posyandu balita yang ada di lingkungan di sekitar posyandu. “Kegiatan yang ada di posyandu itu sangat penting, saya mengimbau para ibu-ibu membawa putra putrinya yang masih balita datang ke posyandu agar anak-anak kita menjadi sehat dan berkualitas serta terhindar dari stunting,” terangnya.

Ia juga mengingatkan saat ini telah memasuki musim penghujan sehingga para kader posyandu dan masyarakat menjaga lingkungannya dengan melakukan kerja bakti dan pemberantasan sarang nyamuk. “Harapan saya para kader agar lebih aktif menyelenggarakan posyandu, tertib administrasi, melaksanakan kunjungan rumah untuk mengingatkan warga melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan membuat inovasi menarik agar masyarakat tertarik ke posyandu,” pesannya.

Beranjak ke lokasi kedua di Posyandu Kemala 23 Kelurahan Tisnonegaran, kehadiran Ketua TP PKK disambut hangat oleh Ketua Bhayangkari Cabang Probolinggo Kota Erna Wadi Sa’bani. “Semoga melalui kegiatan ini semakin mempererat tali silahturahmi antara Bhayangkari cabang Probolinggo Kota khususnya para kader Posyandu Kemala 23 dengan Pemerintah Kota Probolinggo khususnya dalam mendukung kegiatan di posyandu ini,” ujarnya.

Erna juga menceritakan sedikit gambaran umum dari Posyandu Kemala 23 yang beranggotakan 5 kader posyandu dengan sasaran kurang lebih 50 balita dan 1 ibu hamil. Sejauh ini perkembangan balita dapat terpantau dengan baik. “Alhamdulillah anak-anak sehat dan rutin menghadiri pengecekan di posyandu. Kami menyadari tentang pentingnya pencegahan stunting pada tumbuh kembang bayi dan balita serta menjaga kesehatan ibu hamil agar mengurangi angka kematian pada balita serta mendukung program keluarga berencana (KB). Semoga kedatangan ibu Ketua TP PKK akan lebih menyemangati para kader posyandu kami,” bebernya.

Selanjutnya di lokasi sambang posyandu terakhir, Posyandu Merpati Kelurahan Kareng Lor, Aminah mengapresiasi atas peran dan kerja keras para kader posyandu balita yang sangat luar biasa dalam menopang program pemerintah khususnya di bidang kesehatan. Ia juga tiada henti mengingatkan agar para kader dalam melakukan penimbangan dilakukan dengan teliti sebagai screening status gizi balita, agar balita dengan gizi kurang tidak jatuh pada kondisi stunting.

“Lansia juga dapat memanfaatkan posyandu lansia untuk meningkatkan kualitas kesehatannya serta mengajak cucunya yang masih balita untuk datang ke posyandu. Saya juga mengingatkan para ibu balita dan kader serta lansia yang hadir agar selalu patuh pada protokol kesehatan dan terus mendukung vaksinasi covid-19 agar kita bisa menekan penyebaran virus covid-19,” harapnya. (miranti)

BAGIKAN