Ini Pesan Wali Kota Habib Hadi Saat Buka Bimtek Anggota Linmas di Kelurahan Kedungasem

Berita Terbaru

WONOASIH - Akhir bulan Juni (30/6) pagi, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin membuka agenda Bimtek Linmas di Aula Kantor Kelurahan Kedungasem, Kecamatan Wonoasih. Kegiatan ini menjadi salah satu program pemberdayaan masyarakat khususnya anggota satuan perlindungan masyarakat (Linmas) se- Kelurahan Kedungasem.

Ketua Kelompok Masyarakat Kelurahan Kedungasem Parcaje sekaligus pelaksana kegiatan Achmad Sodik menerangkan, tujuan kegiatan ini antara lain untuk meningkatkan kemampuan linmas atas tugas pokok dan fungsi serta meningkatkan wawasan kebangsaan anggota Linmas.

Hadir didampingi oleh Camat Wonoasih Deus Nawandi, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menyadari bahwa tugas Linmas di tingkat RT/RW sangatlah kompleks. "Punya tugas yang kompleks, selain menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing, linmas juga punya tugas lain yaitu membantu penanggulangan bencana, membantu kegiatan sosial serta upaya pertahanan negara sebagai ujung tombak yang ada di lapangan," tegas wali kota.

Karena pentingnya keberadaan Linmas bagi masyarakat, Wali Kota Habib Hadi berpesan agar setiap anggota Linmas turut menjaga nama baik Linmas. "Betul-betul menjalankan menjaga nama baik seragam (Linmas) karena tak setiap orang bisa pakai,” jelasnya.

Melalui agenda ini Wali Kota Habib Hadi juga berharap bisa memupuk rasa kebersamaan dan kekompakan dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. "Mudah-mudahan dalam kegiatan ini lebih kompak lebih semangat menjalankan tugas dan amanah untuk kemaslahatan lingkungan masing-masing", harap orang nomor satu di Kota Probolinggo ini

Terlebih di saat pandemi, setiap anggota Linmas diharapkan turut serta mengedukasi masyarakat untuk disiplin melaksanakan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid 19. "Ayo bersama-sama memberikan edukasi yang terbaik kepada masyarakat tentang protokol kesehatan, lebih-lebih ke keluarga untuk betul-betul (jaga) protokol kesehatan," ujar Habib Hadi.

Sementara itu Lurah Kedung Asem Yudo Pratomo menambahkan bahwa digelarnya agenda Bimtek Linmas ini merupakan hasil keputusan bersama warga melalui Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan). "Usulan Musrenbang tahun kemarin di eksekusi sekarang ini juga usulan dari masyarakat juga sehingga Linmas ini sebagai ujung tombak keamanan di lingkungan bisa maksimal," ungkap Yudo.

Salah satu peserta bimtek Syahrianto berharap, melalui Bimtek Linmas ini Kelurahan Kedungasem menjadi lebih aman. "Alhamdulillah pak atas kegiatan ini, Kedungasem nanti tambah oke, tambah aman, ya bersyukurlah ada bimtek linmas ini," ungkap anggota Linmas yang sudah mengabdi 20 tahun ini.

Adapun pemateri yang mengisi Bimtek Linmas pagi ini adalah dari Babinsa Koramil 0820/02 Wonoasih dan Babinkamtibmas Polsek Wonoasih. Dengan topik materi tentang pemantapan tugas dan fungsi linmas. (dewanta)

BAGIKAN