Kunjungi Kota Probolinggo, Menteri KKP Bakal Kembangkan PPP Mayangan

Berita Terbaru

MAYANGAN - Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menyambut kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan Kota Probolinggo, Minggu (2/5) siang.

Dalam kunjungan kerja ini, Wahyu ingin melihat fasilitas sarana dan prasarana yang dimiliki Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Kota Probolinggo.

Dalam sambutannya, Menteri Kelautan dan Perikanan berencana menjadikan PPP Mayangan sebagai model sentra ekonomi dari sektor perikanan. “Untuk melihat secara langsung Pelabuhan Perikanan Probolinggo. Ini adalah pelabuhan perikanan yang dikelola oleh pemerintah provinsi. Saya ingin (pelabuhan) ini menjadi model, ke depan menjadi satu sentra ekonomi perikanan,” terang menteri yang dilantik Desember tahun lalu itu.

Ditanya lebih lanjut mengenai anggaran pembangunan PPP Mayangan, saat ini masih menunggu desain yang akan diserahkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan. “Pembangunan di sini bersumber dari APBN semua, tapi ke depan kita akan koordinasi, tergantung kepada keperluan, karena desainnya belum kami terima untuk pengembangan yang baru,” terang Plt Dirjen Perikanan Tangkap M. Zaini yang turut serta dalam kunjungan kali ini.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan pinjaman modal kerja kepada Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) untuk enam pelaku usaha pengolah dan pemasar hasil perikanan, usaha produksi garam, serta usaha pembudidayaan ikan.

Sementara menurut Plt Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (Dispertahankan) Yoyok Imam, dirinya mengapresiasi perhatian pemerintah pusat dalam hal ini Kementeram Kelautan dan Perikanan terhadap pengembangan sektor perikanan di daerah.

“Alhamdulillah, selama ini Kementerian Kelautan dan Perikanan sudah banyak memberikan fasilitasi termasuk di akhir tahun 2020 kemarin kita juga dapat bantuan untuk pedagang pasar ikan, pelaku usaha perikanan, berupa peralatan-peralatan dan sarana prasarana yang dibutuhkan. Lumayan, nilainya juga cukup besar,” jelas Yoyok.

Untuk itu, masih menurut Plt Kepala Dispertahankan, ke depan Pemkot Probolinggo akan membuat program pembangunan sektor perikanan yang lebih baik lagi. “Mudah mudahan ini bisa ditindaklanjuti dengan program–program lain yang lebih (bermanfaat) ke masyarakat, untuk nelayan, untuk pelaku usaha perikanan yang ada di Kota Probolinggo,” harapnya.

Hadir pula pada agenda tersebut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Mohammad Gunawan Saleh,  Bupati Probolinggo Tantriana Sari, Kapolresta Probolinggo AKBP RM Jauhari, serta Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo. (dewa)

BAGIKAN