Pemulihan Ekonomi Daerah, Kelurahan Kanigaran Gelar Sosialisasi Makanan Khas Nigeren

Berita Terbaru

MAYANGAN - Senin (28/6) sore, bertempat di Bee Jay Bakau Resort (BJBR) Kota Probolinggo, Kelurahan Kanigaran gelar sosialisasi makanan khas Nigeren. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan semangat bisnis UMKM kuliner di wilayah Kanigaran dalam mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi daerah di masa pandemi.

Kegiatan yang berlangsung satu hari ini diikuti oleh 53 UMKM dari kelompok masyarakat Kelurahan Kanigaran. Beberapa produk yang dipamerkan antara lain produk minuman, aneka camilan, jamu dan sejenisnya. Lurah Kanigaran Dwi Arianto berharap melalui sosialisasi ini UMKM Kelurahan Kanigaran mampu menjadi usaha yang tangguh di era digital.

"Menciptakan pelaku UMKM bidang kuliner yang tangguh, mandiri, inovatif dalam memasarkan produknya di era digital kemudian menjadi cikal bakal marketplace tunggal dan terbesar di wilayah Kanigaran, harapan kami kedepan seperti itu," tegas Dwi.

Selain itu, sebagai pimpinan tertinggi di Kelurahan Kanigaran, Dwi juga menyampaikan aspirasi dan keinginan warganya kepada Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setiorini Sayekti, yang saat itu hadir mewakili Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin. Warga Kelurahan Kanigaran berharap Pemerintah Kota Probolinggo mengizinkan pemanfaatan RTH Taman Maramis sebagai sentra UMKM di wilayah Kanigaran.

"Bahwasanya rata-rata rekan-rekan pelaku UMKM di Kanigaran sangat berharap bahwa Taman Maramis di Kelurahan Kanigaran itu menjadi pusat atau center kegiatan kuliner UMKM khas Kanigaran," ujar Dwi disambut tepuk tangan meriah peserta sosialisasi.

Dwi juga menyadari selain kendala pemasaran, tantangan lain UMKM di Kelurahan Kanigaran menurutnya adalah sulitnya permodalan. Untuk itu pihaknya telah menggandeng Kantor Badan Pertanahan Nasional/BPN Kota Probolinggo untuk menguatkan sertifikat aset tanah bangunan yang nantinya layak untuk diagunkan di bank.

"Sertifikat saya jadikan kepada BPN, saya membantu mempercepat proses, saya serahkan sekarang diurus oleh BPN, dengan harapan pulang dari sini punya wacana usaha, sudah punya persiapan modal,” katanya.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setiorini Sayekti menyampaikan apresiasi Wali Kota Probolinggo terhadap agenda yang digagas oleh Kelurahan Kanigaran ini. "Saya sangat menyambut baik acara ini karena dapat meningkatkan kemampuan dan wawasan dari para pelaku UMKM di Kelurahan Kanigaran untuk membantu pemulihan ekonomi daerah", kata Rini sapaan akrabnya.

Dirinya juga berharap dengan geliat UMKM yang makin bergairah ini, perekonomian di Kota Probolinggo bisa terus bertahan di tengah pandemi. "Jadi memang di masa pandemi ini luar biasa kontraksi terhadap pertumbuhan ekonomi kita dan diharapkan bahwa Probolinggo ini akan tetap bertahan dengan kekuatan dari teman-teman dari UMKM Kota Probolinggo yang luar biasa,” jelas Rini.

Untuk mendukung percepatan pemasaran produk UMKM, Pemerintah Kota Probolinggo juga berkomitmen untuk memberikan pendampingan kepada UMKM melalui dinas terkait. "Jadi ini adalah sebagai awal nantinya dari dinas yang terkait juga akan mendampingi baik dari DKUPP, dari kecamatan dan juga dari PKK untuk tetap mendampingi para pelaku UMKM ini untuk bisa menembus pasar nasional maupun bahkan alhamdulillah jika bisa mencapai pasar internasional," ungkapnya.

Sementara itu salah satu Ketua Pokmas di Kelurahan Kanigaran Hasyim yang turut serta mengikuti sosialisasi ini menyampaikan harapannya agar UMKM bisa terfasilitasi dalam memasarkan produknya. "Setelah ikut acara ini harapan kita itu semoga ada penyambung atau media untuk para UMKM ini bisa memfasilitasi, kalau ada misalnya pekerjaan atau pesanan itu saling mengisi begitu mana yang butuh apa, biar berjalan lancar, " terang Hasyim.

Turut hadir serta sebagai undangan yakni Ketua TP PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin. Sore itu Aminah Hadi menyempatkan keliling ke seluruh stand UMKM Kelurahan Kanigaran untuk melihat dan bercengkrama kepada pemilik produk yang dipromosikan. Hal Ini dilakukannya sebagai wujud apresiasi dan dukungan terhadap kemajuan UMKM di Kota Probilinggo.

Selain sosialisasi juga diselipkan agenda penyerahan sertifikat PTSL/Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dari Kepala BPN Kota Probolinggo Agus Purwanto kepada perwakilan warga Kelurahan Kanigaran. Serta ditutup dengan acara motivasi pengembangan karakter bagi pelaku UMKM oleh konsultan Psikologi dan Pendidikan dari Malang Asriana Kibtiyah. (dewanta)

BAGIKAN