Sambang Posyandu Hingga Meninjau Vaksinasi Lansia, Giat Ketua PKK di Akhir Pekan

Berita Terbaru

PROBOLINGGO - Giat akhir pekan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin, terpantau cukup padat. Sekira pukul 08.00 WIB pagi tadi (6/11), ia dan rombongan sudah terlihat sambang ke posyandu Melati RW III di Kelurahan Kebonsari Kulon.

Posyandu merupakan kegiatan kesehatan dasar diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat, yang dibantu oleh tenaga kesehatan dari puskesmas.

Puskesmas, kata Aminah, juga merupakan Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang mengutamakan swadaya masyarakat di bidang kesehatan, dengan penanggungjawabnya adalah pihak kelurahan.

“Jadi, tanpa peran dan dukungn dari para kader, RW dan masyarakat, maka kegiatan posyandu ini tidak akan berjalan dengan baik, sesuai dengan tujuan,” katanya.

Aminah menambahkan, posyandu adalah salah satu giat program yang ada di 10 program pokok PKK di bidang kesehatan, dengan 5 kegiatan utama.

Kegiatan utama itu diantaranya kegiatan ibu dan anak, keluarga berencana, imunisasi, gizi dan pencegahan dan penanggulangan diare.
Mengingat pentingnya kegiatan di posyandu, Aminah pun mengimbau ibu-ibu balita untuk rutin membawa  balita ke posyandu, agar anak-anak ini kelak menjadi anak yang sehat dan berkualitas.

“Jadi, putra putrinya dibawa saja ke posyandu, agar menjadi anak yang sehat dan berkualitas. Insyaallah,” harapnya.

Ia juga berharap, para kader agar lebih aktif dalam menyelenggarakan posyandu, mengadakan kunjungan rumah dan membuat inovasi-inovasi menarik untuk posyandu. “Dan yang lebih menarik lagi, untuk tetap tertib administrasinya,” tegasnya.

Untuk tenaga kesehatan dari puskesmas setempat yang diperbantukan, secara khusus ia meminta untuk lebih bersabar saat melakukan pendampingan dan menyampaikan informasi tentang kesehatan secara komperhensif kepada kader posyandu.

Ia juga berpesan untuk meningkatkan kapasitas para kader secara periodik. Serta terus menyerukan dukungan terhadap program vaksinasi Covid-19 agar angka penyebarannya bisa ditekan dan tercipta imunitas tubuh.

Ia pun mengapresiasi dan mengucapkan rasa terimakasihnya, atas partisipasi aktif dalam menopang  keberhasilan program pemerintah di bidang kesehatan.

“Saya sangat mengapresiasi dan terimakasih sekali atas kerjasama bapak ibu sekalian, karena berkat andalah, keberhasilan program ini dapat tercapai,” ucapnya bangga.
Ia berharap, semoga para kader posyandu selalu berinovasi dalam menyelenggarakan posyandu, supaya angka kunjungan tak mengalami penurunan.

Dan dalam proses penimbangan bayi agar lebih diteliti. Karena hal itu merupakan skrining status gizi balita, yang mana balita dengan gizi kurang, harapannya lantas tak jatuh pada kondisi stunting.

“Itulah pentingnya membawa putra putri balita, ke posyandu. Dan untuk para lansia, bisa memanfaatkan posyandu lansia, untuk meningkatkan kualitas kesehatannya,” pungkasnya.

Tak hanya ke satu lokasi, Aminah dan rombongan juga melakukan giat sambang berikutnya,  ke  Posyandu Bougenville RW 04 Kelurahan Sukoharjo.

Pada kunjungannya kali ini, selain memonitoring secara langsung proses giat posyandu dan menyerahkan PMT, istri Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin itu juga meninjau secara langsung giat vaksinasi lansia di Kelurahan Sukoharjo. (Sonea)

BAGIKAN